config

Surya Paloh bersama Gubernur dan Wagub yang didukung NasDem. (Wildan/detikcom)

Jakarta - Viktor Laiskodat resmi dilantik sebagai Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Viktor mengaku mendapat pesan khusus dari Jokowi.  "Disuruh kerja yang benar," kata Viktor seusai pelantikan dirinya di Istana Negara, Rabu (5/9/2018).

Viktor menjelaskan singkat mengenai program kerja yang akan dia prioritaskan. Pertama, soal tingginya angka perdagangan manusia di NTT. Selain itu, persoalan maraknya tambang ilegal akan dia bereskan.

"Di sana human trafficking harus kami setop. Terus tambang seluruhnya moratorium dan kami akan menggerakkan proyek OPC, lahan pertanian yang kuat di NTT," katanya. Terkait dengan ketimpangan kemiskinan dan pengangguran di NTT, Viktor optimistis bisa dia bereskan. Dia mengatakan pengangguran dan kemiskinan terjadi di NTT masih kecilnya penggerakan ekonomi dari sektor lahan.

"Pengangguran karena selama ini arahan dari pimpinan tidak menggerakkan seluruh potensi lahan kering yang ada, karena itu pengangguran ada. Ke depan akan kami dorong dengan baik," katanya.

Langkah konkretnya, kata Viktor, untuk pertanian lahan kering akan didorong untuk multikultur. "Kami serius pada multikultur karena itu sawah tidak akan tertarik. Program nasional kan seluruh jagung, padi, dan kedelai, tidak cocok dengan NTT," katanya.
(jor/aan)

Sumber : Detik.com Rabu 05 September 2018