config

Berita Terkini

 

Natal Oikumene Pemerintah Kab. Alor bersama Menteri Agama R.I.

 

menag1

menag alor1

Umat Kristiani akan merayakan Hari Natal 25 Desember 2019. Hari ini, gereja-gereja pun mulai menggelar misa natal. Selaku Menteri Agama, Fachrul Razi pun menyampaikan Selamat Merayakan Natal kepada segenap umat kristiani di mana pun berada. 

Menag juga mengajak seluruh umat beragama untuk menjaga budaya toleransi dan tenggang rasa dalam perayaan natal kali ini. "Toleransi dan tenggang rasa secara timbal balik itu kata kunci dari praktik moderasi dan kerukunan beragama di Indonesia," kata Menag. 

Menag menyampaikan bahwa memberi kemudahan bagi pemeluk agama apapun untuk menjalankan ibadahnya dengan tenang, sudah menjadi budaya Indonesia sejak lama. 

"Sebaliknya, bertenggang rasa untuk tidak melaksanakan suka cita ibadah secara berlebihan, juga menjadi bagian dari budaya bangsa," tandas Menag.

Menag berharap, pada perayaan natal yang mengangkat tema "Hiduplah sebagai Sahabat bagi Semua Orang", umat kristiani dapat meresap nilai-nilai yang terkandung dalam ajaran Yesus Kristus. 

"Nilai-nilai yang terkandung dalam ajaran Yesus Kristus yang diyakini umat Kristiani tersebut merupakan pembimbing moral bagi kehidupan umat pemeluknya untuk terwujudnya kehidupan yang damai dan sejahtera," kata Menag.

"Melalui semangat Natal tahun 2019 hendaknya umat Kristiani dapat mengambil hikmahnya bagi membangun kebersamaan, saling pengertian dan hidup secara harmonis dalam rumah besar bangsa Indonesia," imbuhnya. 

Menag pun menyampaikan bahwa agama adalah sumber semua kebaikan dan bukan sebaliknya, sebagai sumber kekerasan. Apabila ada konflik dan kekerasaan yang mengatasnamakan agama, pasti itu karena kekurangpahaman terhadap ajaran agama. 

"Saya, Menteri Agama RI atas nama pemerintah maupun pribadi, mengucapkan selamat merayakan Natal 25 Desember 2019 kepada segenap umat Kristiani Indonesia," ujar Menag. 

"Semoga damai, suka cita, dan kebahagiaan Natal senantiasa menyertai saudara dan membangkitkan semangat untuk mewujudkan kehidupan yang penuh damai dan bersahabat, sebagaimana tema Natal kali ini "Hiduplah sebagai Sahabat bagi Semua Orang"," tutupnya.

 

menag alor

 

 

 

 

 

 

 

Deretan Konsorsium yang Ikut Tender Pengelolaan Bandara Labuan Bajo.

Kementerian Perhubungan ( Kemenhub) akan mengumumkan pemenang proyek pengembangan Bandara Komodo, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur pada hari ini, Kamis (26/12/2019). Nantinya, pengelolaan bandara tersebut akan menggunakan skema Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU). “Nanti sore Menteri Perhubungan bersama Menteri Keuangan akan mengumumkan pemenang Proyek Pengembangan  Bandara Komodo, Labuan Bajo dengan skema KPBU," ujar Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Kemenhub Hengki Angkasawan dalam keterangan tertulisnya, Kamis. Hengki menjelaskan, Bandara Komodo perlu dikembangkan dalam rangka menunjang Labuan Bajo sebagai salah satu kawasan destinasi pariwisata superprioritas. Baca juga: Presiden Minta Bandara Komodo Segera Dibangun Lebih Besar Diharapkan, pemenang tender pengembangan bandara tersebut bisa meningkatkan layanan di bandara tersebut. "Seluruh badan usaha lokal dan internasional yang berminat telah mengikut rangkaian proses pemilihan. Selama proses pemilihan pengelola Bandar Udara Komodo-Labuan Bajo didampingi Konsultan Pendamping Transaksi PT Surveyor Indonesia (Persero)," jelas Hengki.

Adapun ruang lingkup proyek KPBU Bandara Komodo Labuan Bajo antara lain sebagai berikut: Merancang, membangun dan membiayai pembangunan seperti membangunan fasilitas sisi udara yang meliputi perpanjangan dan perkerasan landas pacu, penambahan apron, stopway dan RESA. Kemudian, pembangunan fasilitas sisi darat meliputi perluasan terminal penumpang domestik, pembangunan terminal penumpang internasional, kantor dan gedung, serta fasilitas pendukung lainnya. Kedua, mengoperasikan Bandara Komodo-Labuan Bajo selama masa kerja sama 25 tahun. Ketiga, memelihara seluruh infrastruktur dan fasilitas Bandara Komodo-Labuan Bajo selama masa kerja sama. Keempat, menyerahkan seluruh infrastruktur dan fasilitas Bandara Komodo-Labuan Bajo pada saat masa kerjasama berakhir kepada PJPK.

Adapun badan usaha yang telah mengikuti proses pelelangan tender proyek itu sebagai berikut : Konsorsium CAS, dengan anggota konsorsium : PT Cardig Aero Service (CAS), Changi Airports International Pte Ltd (CAI) dan Changi Airports MENA Pte Ltd. Konsorsium Komodo dengan anggota konsorsium: PT Angkasa Pura II (Persero), PT Brantas Abipraya (Persero), PT Adhi Karya (Persero) Tbk, Citilink Indonesia, dan Muhibbah Engineering. Konsorsium PT Astra Infra Perdana dan Aeroports de Paris. Konsorsium IWEG dengan anggota konsorsium: Egis, Wika Gedung, Interport, dan PGN Solution. Konsorsium PT Angkasa Pura I (Persero), PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk, (PTPP) dan GVK Power and Infrastructure Ltd. Baca juga: Tahun Baru, Konsumsi Avtur di Bandara Komodo Justru Turun Selanjutnya, konsorsium yang telah memasukan dokumen penawaran sebanyak tiga konsorsium, yaitu sebagai berikut. Konsorsium CAS dengan anggota konsorsium: PT Cardig Aero Service (CAS), Changi Airports International Pte Ltd (CAI)m dan Changi Airports MENA Pte Ltd. Konsorsium Komodo dengan anggota konsorsium: PT Angkasa Pura II (Persero), PT Brantas Abipraya (Persero), PT Adhi Karya (Persero) Tbk, Citilink Indonesia, dan Muhibbah Engineering. Konsorsium IWEG dengan anggota konsorsium: Egis, Wika Gedung, Interport, dan PGN Solution.

SUMBER : KOMPAS.COM

PESAN WAKIL GUBERNUR PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR PADA MOMENTUM NATAL TAHUN 2019

Momentum Natal ini adalah pengorbanan,di mana Tuhan mengutus putraNya menjelma sebagai manusia agar manusia bebas dari belenggu dosa. Ini memberi makna bagi kita sebagai pemimpin maupun ASN harus berkorban untuk melayani masyarakat NTT," Hal ini disampaikan Wakil Gubernur (Wagub) NTT, Josef A. Nae Soi, Senin (23/12/2019).

Menurut Josef, bisa dibayangkan jika saat itu Tuhan Allah tidak berdamai dengan manusia dan tidak mengirim Yesus secara manusia ,maka apa yang akan terjadi terhadap manusia.

"Secara manusia,kita lihat Santu Yosef saat itu bertunamgan dengan Bunda Maria. Dia didesak untuk menceraikan Bunda Maria. Santo Yosef saat itu berkorban perasaaan, walaupun diejek diolok, maka pada saat itu Yosef mengajak Bunda Maria agar pergi melahirkan di Betlehem," kata Josef.

Dijelaskan, Natal ini juga sebagai refleksi pengorbanan, karena sebagai pemimpin dan juga seluruh ASN harus memaknai Natal sebagai sebgai sebuah pelayanan terhadap masyarakat NTT.

"Natal itu adalah pengorban, sebagai pemimpin dan juga ASN harus memaknai Natal ini bahwa kita harus berkorban bagi masyarakat NTT, agar kelak NTT dapat bebas dari julukan daerah miksin, literasi terendah dan lainnya. Kita harus lakukan pengorbanan," katanya.

Dikatakan, selama ini banyak yang mengejek dirinya dan Gubernur NTT , tapi dengan semangat Natal dapat menginspirasi dirinya dan Gubernur NTT.

"Natal ini dapat menginspirasi kami berdua, walaupun kami baca di facebook banyak yang mengejek dan sebagainya, tapi itu sebagai pemimpin yang berkorban. Sebagai murid dan pengikut Yesus kami berdua dapat memaknai Natal dengan baik walaupun tidak seratus persen tapi minimal kami bisa menghayati secara manusiawi," ujarnya.

Josef juga mencontohkan hal lain, yakni ketika Yesus lahir di Betlehem, orang Majus rela berkorban untuk berjalan kaki ratusan kilometer, hanya ingin melihat Putra Allah yang lahir di Betlehem," katanya

Lebih lanjut, Josef mengatakan, Natal adalah kesederhanaan, yang mana Tuhan Yesus tidak.lahir di Hotel Mewah, tapi memilih di Betlehem di sebuah kandang.

"Apa maknanya bagi kita. Ini mengajak kita agar hidup dalam kesederhanaan. Bukan hidup miskin, semua orang bekerja mencari nafkah untuk hidup. Kesederhanaan adalah bagaimana relasi kita dengan sesama, misalnya kalau saya buat tembok pagar tinggi agar tidak ada komunikasi dengan tetangga, atau saya buat pesta tutup jalan tujuh hari tujuh malam," ujarnya.

Dia juga mengatakan, momentum Natal ini sebagai kesempatan bagi pemerintah dan semua masyarakat merefleksikan diri agar bisa bangkit dan keluar dari berbagai persoalan yang dihadapi Provinsi NTT selama ini.

Dia juga mengatakan, pentingnya hidup saling toleransi dan saling menghargai satu sama lainnya.

"Tuhan Allah tidak menciptakan semua orang satu ras dan satu agama saja, tapi kita semua beragam.
Ada orang hitam, putih dan sebagainya. Natal ini mengajarkan kita hal kasih.

Menurut Josef, ‎kelahiran Yesus Kristus membawa damai bagi manusia dan dunia, karena itu dengan merefleksikan semua yang sudah dilakukan selama tahun 2019 dan mempersiapkan diri masuk tahun 2020.

SUMBER DATA : KUPANG.TRIBUNEWS.SOM.

Pemerintah Pusat bangun Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) di Prov.NTT

Lokasi yang menjadi tempat pembangunan RSUP sangat strategis dan tidak jauh dari pusat perkotaan, sehingga memenuhi syarat untuk menjadi lokasi terlengkap di NTT nanti

Kupang (ANTARA) - Wakil Ketua Komisi IX DPR-RI Melki Laka Lena mengatakan Pemerintah Pusat akan segera membangun Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) di Nusa Tenggara Timur pada 2020.

"Pembangunan RSUP di NTT akan direalisasikan pada 2020. Sudah saatnya di NTT memiliki fasilitas RSUP seperti daerah-daerah lainnya di Indonesia," kata Melki Laka Lena di Kupang, Kamis.

Melki Laka Lena mengatakan hal itu terkait hasil kunjungan Komisi IX DPR-RI ke NTT.
Ia mengatakan, Komisi IX DPR-RI sudah melihat lokasi yang akan menjadi tempat pembangunan RSUP di NTT itu.
Dikatakannya, pemerintah NTT telah menyiapkan lahan seluas delapan haktare di Kecamatan Maulafa, Kota Kupang sebagai lokasi pembangunan RSUP.
"Lokasi yang menjadi tempat pembangunan RSUP sangat strategis dan tidak jauh dari pusat perkotaan, sehingga memenuhi syarat untuk menjadi lokasi terlengkap di NTT nanti," kata Melki Laka Lena.
Menurut politisi Partai Golkar ini, Kementerian Kesehatan RI telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp200 miliar lebih untuk membiayai pembangunan RSUP pertama di provinsi berbasis kepulauan ini pada 2020.

Dia mengatakan, apabila RSUP sudah dibangun di daerah ini maka fasilitas kesehatan bagi masyarakat NTT menjadi lebih memadai.
"Masyarakat NTT tidak perlu harus ke Jawa atau Bali untuk melakukan pemeriksaan maupun tindakan medis lainnya yang dilakukan di luar NTT sehingga biaya yang dikeluarkan masyarakat NTT untuk pemeriksaan kesehatan menjadi berkurang," kata Melki Laka Lena.

Sumber : ANTARA News.COM

 

JADI BURUAN WARGA EROPA.  

Jadi buruan Warga Eropa ternyata begini manfaat dahsyat daun kelor bagi tubuh.

GridHEALTH.id -Daun kelor mudah ditemukan di Indonesia.

Malah daun kelor kerap diabaikan begitu saja. Tanamannya memang di Indonesia termasuk tanaman liar.

Mengenai daun kelor ini, lucunya kita di Indonesia hanya mengenal daun kelor untuk ibu menyusui. Untuk memperlancar ASI.

Sedangkan orang-orang bule di eropa sudah mengenalnya untuk kurangi risiko diabetes dan cegah kebodohan.

Tanaman dengan nama lain Moringa Oleifera ini disebut memiliki manfaat yang dahsyat bagi kesehatan tubuh.

Dilansir dari health.com, di negara eropa kini sedang ada tren mencampurkan bubuk daun kelor di segala sajian masakan, seperti sup, oatmeal, kue, hingga minuman.

Menurut Marisa Moore, seorang pakar nutrisi ada banyak kandungan pada daun kelor yang sangat bermanfaat bagi kesehatan

"Kandungan vitamin A, kalsium, zat besi, potasium, dan serat pada daun kelor sangat tinggi. Bukan hanya daunnya, akar, biji, hingga bunganya mengandung level flavonoid yang signifikan yang merupakan zat aktif penangkal penyakit," ungkap Moore.

Beberapa penelitian pun sempat dilakukan untuk membuktikan khasiat daun kelor ini.

Salah satunya Studi yang diterbitkan dalam American Journal of Hypertention tahun 2016.

Diketahui, bubuk dari daun kelor dapat membantu menurunkan level tekanan darah dan mengurangi penyakit jantung.

Berdasarkan penelitian Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), menjelaskan nutrisi yang terkandung dalam tanaman ini, di antaranya kandungan vitamin C tujuh kali lipat lebih baik dari jeruk, 4 kali vitamin A dari wortel, dan 3 kali lebih banyak dari proteinnya yoghurt.

Kandungan potassium dalam daun kelor tiga kali lebih baik dibandingkan buah pisang.

Sedangkan, kandungan kalsiumnya empat kali lebih banyak dibanding susu.

Yang tidak kalah hebatnya lagi, dalam daun kelor juga terkandung senyawa lain yang mampu menangkal radikal bebas dan menekan pertumbuhan sel kanker.

Semua bagian kelor bisa dimanfaatkan, mulai dari daun, kulit kayu, biji, akar, dan buah bisa dimanfaatkan sebagai obat.

Selain baik untuk memperbaiki gizi, tanaman ini juga dapat menjaga kesehatan jantung, mengatasi penyakit kulit, dan mencegah kanker.

Tidak hanya itu, nutrisi baik yang terkandung dalam pohon kelor juga mampu untuk mencegah sakit mata, mengatasi penyakit kuning, mengatasi diabetes, dan menjaga kesehatan ginjal.

Menurut studi dari Journal of Chinese Integratice Medicine, ekstrak daun dan akar kelor dapat membantu mengurangi peradangan dan rasa sakit pada sendi rematik.

Untuk lebih jelasnya, berikut delapan manfaat daun kelor untuk kesehatan tubuh :

Daun kelor tinggi akan nutrisi seperti vitamin, mineral, dan asam amino. Tanaman ini juga mengandung vitamin A, C, E, kalsium, protein, dan kalium yang dibutuhkan tubuh.

Daun kelor bersifat anti inflamasi dan dapat memerangi kerusakan akibat radikal bebas yang menjadi penyebab dari stres oksidatif, kerusakan sel molekul, serta peradangan.

Mengurangi risiko diabetes

Daun kelor mengandung vitamin C yang memiliki kemampuan untuk mencegah kerusakan pembuluh darah pada mereka yang menderita diabetes.

Kandungan vitamin A yang ada di dalam daun kelor juga akan mendukung kesehatan mata, menguatkan kornea, dan mencegah peradangan pada mereka yang mengalami gangguan mata akibat diabetes.

Melindungi sistem kardiovaskular

Sayur kelor mengandung zat antioksidan yang dibutuhkan untuk melindungi kesehatan jantung serta menguatkan pembuluh darah.

Menguatkan kesehatan otak

Biji kelor mengandung senyawa penting seperti asam folat, asam amino, asam lemak omega 3, dan vitamin E yang menjadi nutrisi penting untuk meningkatkan kesehatan otak.

Hal ini tentu sangat berguna untuk mencegah penurunan fungsi otak alias kebodohan.

Melindungi lever

Kelor memiliki jumlah polifenol yang tinggi dan dapat melindungi lever dari racun serta kerusakan oksidatif.

Menyembuhkan luka lebih cepat

Setiap bagian dari tanaman kelor membantu untuk mempercepat pembekuan darah dan menyembuhkan luka secara cepat.

Bersifat anti bakteri dan anti jamur

Daun kelor bersifat anti bakteri dan anti jamur sehingga mampu memerangi masalah yang berhubungan dengan infeksi jamur, infeksi urin, atau masalah yang berhubungan dengan pencernaan. (*)

SUMBER BERITA : GridHEALTH.id