config

Gubernur Laiskodat Bangun Jalan di Lintas Utara Manggarai untuk Bangkitkan

Ekonomi dan Pariwisata.

 

      Pembangunan jalan di desa Mbuit, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat,

Tekad NTT Bangkit menuju NTT Sejahtera yang diusung Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat dan Wakilnya, Josef A. Nae Soi kini mulai nampak. Wilayah Utara Manggarai yang selama bertahun-tahun terisolir lantaran sulitnya akses jalan di kawasan itu, kini mulai terbuka karena ruas jalan dari simpang Nggorang menuju Kecamatan Pacar, sedang digenjot Dinas PUPR Provinsi NTT.

Tepatnya di jalur Nggorang Mbuit, sedang dilakukan pengaspalan dengan menggunakan lapen sepanjang 33,6 Km. “Selain pengaspalan, saat ini juga tengah dilakukan pembangunan drainase di sisi jalan untuk memperlancar arus transportasi di wilayah Utara Manggarai,” sebut Kepala Dinas PUPR Provinsi NTT, Maxi Nenabu ketika meninjau langsung pembangunan jalan di desa Mbuit, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Kamis (3/9/2020).

Maxi Nenabu menjamin, kualitas jalan yang dikerjakan itu sangat baik karena ditangani langsung oleh rekanan yang menurut dia sudah teruji dalam melakukan pekerjaan jalan. Tidak hanya itu, kualitas jalan yang dikerjakan itu juga akan dilakukan uji laboratorium oleh tim penguji teknik jalan.

“Setekah ada hasil pengujian, baru ada tindakan administrasinya. Kami menjamin itu dilakukan secara baik. Dan kami selalu melakukan pengawasan yang ketat. Kalau ditemukan pelanggaran di lapangan, kami mengambil langkah sesuai prosedur administrasi kontrak. Kalau sesudah teguran tidak ada kemajuan, kami mengambil tindakan administratif sampai pada taraf yang paling tinggi yakni pemutusan hubungan kerja (PHK),” ungkap Maxi.

Data Penanganan Jalan Provinsi NTT Tahun Anggaran 2020 di Kabupaten Manggarai Barat
 

Disebutkan Maxi, proyek pengerjaan ruas jalan Nggorang-Kecamatan Pacar, pihaknya akan menyelesaiakan pekerjaan tersebut sepanjang 63,6 kilometer pada tahun anggaran 2020 ini.

“Bapak Gubernur dan Bapak Wakil Gubernur NTT berharap agar dengan pengerjaan pengaspala jalan ini diharapkan dapat membuka keterisolasian di wialayah ini yang memiliki potensi alam, pertaian dan perkebunan yang memadai ini yang selama ini sulit diakses, dapat terbantu dan memiliki daya ungkit untuk penigkatan ekonomi masyarakat, juga bisa mempermudah akses menuju daerah pariwisata,” katanya.

 Masyarakat di wilayah Utara Manggarai mengaku sangat bersyukur karena Pemerintah Provinsi NTT telah memberikan perhatian serius dengan membangun jalan yang merupakan impina warga dari tahun ke tahun.

“Saya selaku apparat desa di sini menyampaikan terimaksih banyak kepada Bapak Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat yang telah memperhetikan kami dengan membangun jalan di wilayah kami ini. Sudah puluhan tahun kami tidak pernah menikmati jalan aspal,” ujar Yoseph Budiman, aparat desa Mbuit, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat. (Laurens Leba Tukan)

Sumber Berita : https://selatanindonesia.com