config

Penyerahan DIPA dan Alokasi TKDD Lingkup Provinsi Nusa Tenggara Timur Tahun Anggaran 2020.

Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat menginginkan perubahan dan pembenahan kinerja pada 2020 untuk mendukung pembangunan di Nusa Tenggara Timur.

Gubernur menegaskan hal tersebut dalam sambutannya pada acara Penyerahan DIPA (Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran) dan TKDD (Transfer ke Daerah dan Dana Desa) tahun anggaran 2020, di Aula Fernandez, Gedung Sasando Kantor Gubernur pada selasa (19/11).

"NTT kini mendapatkan peningkatan anggaran. Dari 24 triliun pada pada tahun lalu kini naik menjadi 25 triliun lebih. Nah ini juga harus menjadi momentum bersama untuk berbenah diri. Segala bentuk pekerjaan teknis harus kita siapkan dengan benar untuk dikerjakan pada 2020 dengan baik", ungkap Viktor.

"Sesuai dengan evaluasi kita masih lambat disana-sini. Tahun depan saya mendorong agar kerja jangan hanya pikir yang penting proyeknya selesai. Kerja asal jadi dan ada laporan. Tidak peduli rakyat mau sejahtera atau bukan. Semua pekerjaan harus bisa dinikmati masyarakat", tambahnya.

Menurutnya semua kinerja pembangunan harus mendukung 5 program nasional dari Presiden yang mencakup Infrastruktur, SDM, penyederhanaan regulasi, reformasi birokrasi dan transformasi ekonomi. Sebab NTT kini menjadi salah satu perhatian nasional dalam pembangunan.

"Infrastruktur harus disiapkan dengan baik. Perencanaannya harus matang dan pengerjaannya harus maksimal. Infrastruktur itu akan membuat dampak ekonomi yang luar biasa. Saya tidak mau kalau ada pembangunan jalan itu masih terhambat karena izin Galian C belum ada," jelasnya.

"Pemerintah Provinsi, Para Bupati dan Walikota harus fokus dalam memanfaatkan anggaran. Maju atau mundurnya pengelolaan anggaran ini sangat bergantung pada kita semua yang ada di dalam ruangan ini", tambahnya.

Viktor juga menuturkan dalam pembangunan pariwisata kini sedang membuat grand desain pariwisata di Flores dengan Labuan Bajo sebagai lokomotif utama. Ia juga meminta seluruh pimpinan yang hadir untuk tetap menyuarakan dan mendorong masyarakat untuk dalam penanganan masalah sampah yang kini menjadi isu dunia.

Untuk diketahui, jumlah DIPA pada tahun anggaran 2020 dengan total pagu senilai 12,9 triliun, serta alokasi TKDD (Transfer ke Daerah dan Dana Desa) senilai 25,2 miliar.

Sumber : Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi NTT