config

Hari Ini Gubernur Launching Desa Digital di Sumba Barat

Hari ini (Jumat, 28/2) Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT), Viktor Bungtilu Laiskodat akan melaunching Desa Malata, Kecamatan Tanarighu, Kabupaten Sumba Barat sebagai Desa Digital (Dedi). Desa digital ini terwujud atas kerja sama Dinas Komunikasi Informasi, Persandian dan Statistik (DKIPS) Kabupaten Sumba Barat, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD), dan didukung oleh Bank NTT Cabang Waikabubak.

Kepala Bank NTT Cabang Waikabubak, Yuan Nerda A. Taneo menyampaikan hal ini melalui pesan WhatsApp Kamis (27/2). Dijelaskannya dengan dilaunchingnya Dedi ini, masyarakat di Desa Malata akan makin mudah mengakses internet dengan fasilitas yang disupport oleh Bank NTT Cabang Waikabubak di kantor desa setempat.

“Bank NTT memberikan dukungan penuh terhadap kegiatan ini, terutama dari segi pengembangan UMKM di desa untuk meningkatkan perputaran uang dan meningkatkan ekonomi masyarakat desa,” jelasnya.

Menurutnya, selain dengan DKIPS Kabupaten Sumba Barat, DPMD Kabupaten Sumba Barat, Bank NTT Cabang Waikabubak juga mendapatkan dukungan dari Telkomsel sebagai operator yang menyediakan jaringan telekomunikasi. Karena itu, selain untuk pengembangan UMKM, sarana berupa tiga unit laptop yang ada di Kantor Desa Malata, dapat digunakan masyarakat Desa Malata untuk mengakses informasi maupun menjual produk hasil karya masyarakat Desa Malata.

“Masyarakat bisa memasarkan hasil produk mereka melalui e-commerce yang ada, dan Bank NTT Cabang Waikabubak mendukungnya deengan ikut mempromosikannya melalui website dan juga jejaring sosial yang dikelola oleh Bank NTT. Jadi masyarakat pembeli bisa membayar melalui internet banking, mesin edisi Bank NTT, ataupun secara tunai,” urainya.

Sarana laptop dan jaringan wifi gratis yang terpasang berkat kerjasama pihaknya tersebut, pemerintah desa diberikan kewenangan untuk memberikan ruang bagi generasi muda di desa Malata untuk mengakses informasi lain melalui jejaring internet yang tersedia.

“Kita lakukan ini sebagai bagian untuk mendorong peningkatan literasi di Sumba Barat, khususnya Desa Malata yang hari ini akan dilaunching sebagai desa digital,” urainya.

Sebelumnya dalam rangka menyambut peluncuran Desa Malata sebagai Dedi oleh gubernur hari ini, pihaknya menyelenggarakan berbagai kegiatan untuk mempererat keakraban masyarakat antar dusun di Desa Malata. “Selain itu kita (Bank NTT Waikabubak) juga mensponsori untuk penyelenggaraan bola volly, tarian antar dusun, fashion show pakian adat, dan lomba makanan lokal antar dusun untuk meningkatkan kebanggaan dan kecintaan terhadap budaya dan makanan bagi masyarakat Desa Malata,” tandasnya.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Persandian dan Statistik Kab Sumba Barat, Johanis Niga Leidju, menyampaikan terima kasih kepada Bank NTT yang telah ikut membangun Sumba Barat.

“Terima kasih Bank NTT Cabang Waikabubak atas bantuannya, kami akan memanfaatkannya secara optimal untuk e-learning di Desa Malata dalam upaya mendukung Malata menuju Desa Digital,” ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Sumba Barat Yakobus Jefrison Dapamerang, berharap Desa Malata dapat menjadi Desa Digital yang dapat berdampak pada perkembangan digital di wilayah utara Sumba Barat, meningkatkan pengembangan potensi wilayah disekitar, serta meningkatkan pertumbuhan perekonomian seiring sadarnya masyarakat akan Internet of Things (IOT). (mg-02/mg-03/E-1)

Sumber Berita : VICTORY NEWS.