config

 

Mengintip Keindahan Destinasi Wisata di Nusa Tenggara Timur

yang Masuk Dalam Nomine API.

 

Makanan lokal hang dijadikan persembahan saat festival perang Pasola di Lamboya, Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur. Ritual tahunan tersebut dalam rangka menyambut musim panen baru dan meminta berkah kepada Tuhan untuk mendapatkan panen yang lebih baik.

 

Delapan Destinasi Wisata di Nusa Tenggara Timur masuk dalam Nomine Anugerah Pesona Indonesia 2020 (API). Dimana, pemerintah setempat terus mempromosikan secara masif kedelapan Destinasi Wisata tersebut.

Beberapa destinasi diantaranya yakni Pulau Mekko di Kabupaten Flores Timur (API 8E), dataran tinggi Fulan Fehan di Kabupaten Belu (API 10C), Kampung Adat Namata di Kabupaten Sabu Raijua (API 13C), Pulau Semau di Kabupaten Kupang (API 17I), Mulut Seribu di Kabupaten Rote Ndao (API 18D), situs sejarah Liang Bua Ruteng di Kabupaten Manggarai (API 12F).

Mengintip keindahan beberapa destinasi tersebut, kali ini AkuratTravel ingin mengajak Kamu lebih mengenal keindahan wisata yang dimiliki Nusa Tenggara Timur, yang masuk ke dalam Nomine API, seperti dirangkum dari berbagai sumber.

1. Pulau Mekko.

 

Pulau tak berpenghuni tanpa ditumbuhi pohon ini terletak di sekitar Dusun Mekko, Desa Pledo, Kecamatan Adonara Timur, Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Selain ukurannya yang mungil, Pasir Timbul Mekko juga merupakan pulau yang unik, karena bisa timbul dan tenggelam. Pulau ini tenggelam saat air laut pasang, dan sebaliknya.

Untuk menuju pulau tersebut, biaya yang harus dikeluarkan per orang hanya Rp. 15 Ribu, namun belum termasuk karcis masuk, dimana untuk dewasa dikenakan biaya Rp. 5 Ribu.

 

2. Fulan fehan.

 

 

Fulan Fehan merupakan sebuah lembah di kaki Gunung Lakaan dengan sabana yang sangat luas dan indah seperti berada di Eropa.

Lembah ini sendiri berada di Desa Dirun, Kecamatan Lamaknen, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur, sekitar 26 Km dari Atambua, ibu kota Kabupaten Belu.

Dengan wilayah yang strategis, tempat ini berdampingan dengan Timor Leste dan menjadi tempat wisata favorit. Hamparan sabana yang luas dapat memanjakan matamu dengan keindahan alam yang sangat mempesona.

 

3. Kampung Adat Namata

 

 

Kampung Namata merupakan salah satu kampung adat dan megalitik di wilayah Adat Habba. Lokasi tepatnya berada di Desa Raeloro, Kecamatan Sabu Barat, Kabupaten Sabu Raijua, Nusa Tenggara Timur.

Masih sangat kental dengan adat istiadat, desa ini dihuni oleh pemangku adat yang dikenal sebagai 'mone ama'. Dimana, ketika kamu berkunjung akan melihat sejumlah peninggalan bersejarah yang sangat menarik.

Warga setempat juga masih memegang teguh adat istiadat leluhur. Beragam aktivitas yang ada dapat kamu abadikan untuk dijadikan sebuah kenangan yang tiada tara.

 

4. Pulau Semau.

Sebuah pulau yang terletak di perairan sebelah barat Pulau Timor, yakni di sebelah barat Kota Kupang. Secara administratif, pulau ini termasuk wilayah Kecamatan Semau, Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Pulau ini sendiri terdiri dari 5 pantai cantik, dan perjalanan pun sangat mudah dijangkau serta tak memakan waktu lama. Kamu hanya butuh waktu tiga puluh menit untuk menyeberang dari pelabuhan Tenau di Kupang menuju ke pelabuhan rakyat di pulau Semau.

Salah satu pantai yang menjadi favorit yaitu Pantai Liman. Dekat dengan pantai tersebut Kamu akan menemukan bukit yang jika dinaiki akan terlihat keindahan pantai yang tiada tara.

 

5. Mulut Seribu Pulau Rote.

 

 

Kamu tentu merasa kagum dengan keindahan alam di raja ampat. Yap, pulau ini diyakini sama keindahannya dengan pulau tersebut.

Berada di ujung selatan Indonesia, dan terletak di pulau Rote, keindahan mulut seribu bak surga dunia karena masih alami.

 

6. Situs sejarah Liang Bua Ruteng di Kabupaten Manggarai.

 

 

Terletak di Dusun Rampasasa, Desa Liang Bua, Kecamatan Rahong Utara, sekitar 14 km di utara Kota Ruteng, ibukota Kabupaten Manggarai. Tempat wisata ini sangat mengagumkan.

Gua ini memiliki ukuran yang sangat besar, yakni dengan panjang 50 meter, lebar 40 meter dan tinggi 25 meter. Dikarenakan ukuranya yang sangat besar, situs ini digunakan oleh masyarakat setempat sebagai tempat ibadah dan sekolah.

 

Sumber berita : https://babe.topbuzz.com