config

Daftar lagu daerah NTT :

Lagu Batu Matia. (Rote)

Dinyanyikan pertama kali pada tahun 1942 oleh seniman sasandu masa lampau. Lagu ini mengisahkan tentang keharmonisan hidup masyarakat Rote Ndao dalam keadaan suka maupun duka berupaya untuk mencapai kesejahteraannya. Tentang bagaimana ayah dan ibu berusaha dengan sekuat tenaga menghidupkan anak-anaknya agar ke depan dapat menjadi anak yang berguna bagi nusa dan bangsa demi kemandirian hidupnya. Syair dalam lagu ini juga menceritakan tentang kehidupan anak anak-anak yatim piatu dalam perjuangan hidupnya agar bisa hidup bahagia seperti anak-anak lainnya dan menggapai masa depan yang cerah.

Lagu O Nawenni Tana (Sabu)

Menceritakan tentang suatu nasehat kepada seluruh keturunan Hawu Miha (nenek moyang orang Sabu) agar jangan saling melupakan satu dengan yang lain. Namun dihimbau untuk saling sayang - menyayangi, bantu - membantu, kasih - mengasihi satu dengan yang lain agar seluruh sendi - sendi kehidupan dapat dirasakan secara bersama - sama.

Lagu Oras Loron Malirin

Diciptakan oleh NN yang merupakan lagu rakyat Belu dimana lagu ini menceritakan tentang seorang yang sedih karena ditinggal pergi saudara atau kekasihnya yang pergi merantau.

Lagu Oli Gailaru Marada (Sumba Tengah)

Mengisahkan tentang saudara yang berada di perantauan diajak kembali pulang dikampung halaman untuk membangun Sumba Tengah. Lagu ini diciptakan oleh Umbu Sulung (alm) dan diaransemen oleh Umbu Remu Samapaty.

Lagu Ina Maria (Flores Timur)

Di mana ada dua atau tiga orang Lamaholot berkumpul, kemudian berdoa rosario, maka hampir pasti mereka menyanyikan INA MARIA. Artinya, Bunda Maria. Sejak dulu orang Flores, khususnya Flores Timur, punya devosi kuat terhadap Bunda Maria.

Lagu Ele Moto menceritakan tentang seorang anak Sabu yang pergi merantau ke negeri orang. Sesampai di negeri orang, dia berusaha sekuat tenaga untuk memperoleh penghidupan yang layak. Dan pada akhirnya dia berhasil.

Dan juga lagu - lagu sebagai berikut :