config

 

FLORA DAN FAUNA.

1. FLORA

A. CENDANA ATAU CENDANA WANGI

Merupakan pohon penghasil kayu cendana dan minyak cendana. Kayunya berguna untuk rempah - rempah, aromaterahpy, dupa (alat sembahyang), untuk campuran minyak wangi, serta bisa diukir menjadi sebuar karya seni patung yang mahal harganya, rosario, dan lain - lain. Tentunya semua hasil karya tadi sangat mahal harganya.

Pada jaman dulu, kayu Cendana banyak diekspor ke luar negeri dan menjadi perburuan para para pedagang di Asia. Akhirnya populasi Pohon Cendana pada saat ini sudah sangat terbatas. Akhirnya Pohon ini dilindungi oleh Pemerintah untuk menjaga populasinya agar dapat berkembang secara baik.

B. POHON GAHARU

Adalah Pohon yang kayunya berwarna kehitama dan mengandung zat resin khas. Pohon ini merupakan spesies pohon dari marga Aquilaria terutama A. Mallcensis. 

Pohon ini sudah sangat langka dan hidup di tengah hutan - hutan belantara yang ada di Provinis NTT. 

Kayu dari pohon ini baunya sangat wangi bahkan melebihi wangi kayu cendana. Harganya terbilang sangat mahal dan dipakai oleh industri penghasil parfum dan setanggi. 

Berkas:Agarwood.jpg

C. KEMIRI

Bijinya digunakan sebagai sumber rempah - rempah dan minyak.

 

D. POHON SIWALAN (POHON LONTAR)

Pohon ini sangat bermanfaat bagi masyarakat Nusa Tenggara Timur. Daunnya bisa digunakan untuk penampung air, bahan kerajinan (kipas, tikar, alat musik Sasando), dan juga sebagai bahan untuk menulis (naskah lontar). Batangnya yang hitan dan keras, digunakan untuk bahan bangunan, perkakas, dan barang kerajinan. Buahnya bisa menghasilkan berbagai jenis makanan dan minuman.

 
Borassus flabellifer.jpg

2. FAUNA

A. KOMODO

Ditemukan oleh peneliti barat pada tahun 1910. Jumlahnya saat ini telah menyusut akibat dari banyaknya aktivitas manusia di tempat binatang purba ini berada. dan juga sumber makanannya seperti rusa, kambing, dan lainnya ikut berkurang populasinya, akibat dari seringnya perburuan yang dialkukan oleh orang - orang yang tidak bertanggung jawab. Dan untuk menjaga populasi Komodo sebagai binatang purba agar tidak punah, maka IUCN menjadikan komodo sebagai spesies yang rentan terhadap kepunahan, dan Pemerintah Indonesia telah melindunginya dengan peratura dan mendirikan Taman Nasional Komodo. 

B. BABI HUTAN

 
Induk babi dengan anak-anaknya

C. KERBAU

 
Wasserb├╝ffel (25787818312).jpg
 

D. SAPI

ilustrasi sapi
 

E. RUSA

rusa timor

Rusa Timor (Cervus timorensis).

Rusa merupakan hewan yang memiliki daya adaptasi tinggi terhadap lingkungan. Saat ini diketahui tidak kurang dari 16 genus, 38 spesies, dan 189 sub spesies rusa tersebar di seluruh dunia, mulai dari daerah beriklim dingin di daratan Eropa hingga ke daerah sub-tropis dan tropis di daratan Asia (Semiadi dan Nugraha, 2004).

Jenis rusa asli Indonesia terdiri dari muntjak, rusa bawean, rusa sambar dan rusa timor. Sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 7 Tahun 1999 tentang Pengawetan Jenis Tumbuhan dan Satwa Liar, rusa timor (Cervus timorensis) digolongkan sebagai salah satu satwa liar Indonesia dengan status dilindungi.

E. BUAYA 

 
NileCrocodile.jpg