config

spbe
Pembukaan Sosialisasi SPBE Lingkup Pemerintah Provinsi NTT

Dalam rangka mendukung pelaksanaan reformasi birokrasi, Pemerintah Provinsi NTT melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Provinsi NTT melaksanakan Sosialisasi Evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dibuka oleh Sekretaris Dinas Kominfo Prov. NTT Lusia F. Tiwe, ST di Aula Dinas Kominfo Provinsi NTT pada Senin, 16 September 2019 yang diikuti oleh Aparatur Sipil Negara dari seluruh Perangkat Daerah lingkup Pemerintah Provinsi NTT.

Dalam sambutannya, Sekretaris Dinas Kominfo menyampaikan bahwa Kegiatan Evaluasi SPBE merupakan tindak lanjut Surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor: B/712/M.KT.03/2019, Pemerintah Provinsi NTT akan melaksanakan evaluasi mandiri penyelenggaraan SPBE tahun 2019 dan juga diharapkan agar Provinsi NTT mendapat nilai evaluasi yang lebih baik lagi dari tahun 2018,  Perangkat Daerah harus berperan aktif  dan mendukung pelaksanaan penerapan SPBE.

Pelaksanaan sosialisasi SPBE juga diisi dengan pemaparan materi tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik dan Evaluasi SPBE Tahun 2019 oleh Kepala Bidang Layanan e-Government Drs. Karoberd Marsianus, M.Pd. Dalam pemaparannya dijelaskan  bahwa tantangan yang dihadapi dalam impelementasi SPBE diantaranya tata kelola SPBE yang terpadu, adanya ego sektroral serta kurangnya koordinasi antara Perangkat Daerah, duplikasi program/kegiatan/anggaran, serta terbatasnya SDM yang mempunyai kompetensi di bidang TIK

Ruang lingkup penyelenggaraan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di Instansi Pemerintah Provinsi yang akan dievaluasi mencakup Tata Kelola SPBE, Layanan SPBE, dan Kebijakan SPBE. Pelaksanaan evaluasi dimulai tanggal 1 Oktober sampai 31 Oktober 2019.

sosialisasi spbePeserta Sosialisasi SPBE Lingkup Pemerintah Provinsi NTT

Dari penjelasan materi sosialisasi tersebut, Evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) merupakan proses penilaian terhadap pelaksanaan SPBE disetiap Instansi Pemerintah Daerah untuk menghasilkan suatu nilai Indeks SPBE yang menggambarkan tingkat kematangan (maturity level) dari pelaksanaan SPBE. Aktifitas evaluasi internal SPBE  dilakukan dalam beberapa tahap yaitu, tim evaluator internal memahami konsep dan metodologi evaluasi untuk disampaikan kepada unit kerja terkait, selanjutnya unit kerja menyampaikan jawaban penjelasan dan bukti pendukung kepada tim evaluator internal, dan tim evaluator internal mengumpulkan data-data atas jawaban penjelasan dan bukti pendukung di masin-masing Perangkat Daerah (PD).