Blog Single
Berita - Daerah

Lantik 3 Penjabat Bupati, Ayodhia Kalake Minta Perkuat Kerja Sama dan Sinergitas

Siaran Pers Biro Administrasi Pimpinan Setda Provinsi NTT

Kupang, 16 Februari 2024

Penjabat Gubernur NTT Ayodhia G. L. Kalake, SH, MDC melantik 3 Penjabat Bupati diantaranya Penjabat Bupati Rote Ndao, Penjabat Bupati Timor Tengah Selatan dan Penjabat Bupati Manggarai Timur. Pelantikan tersebut dilaksanakan di Aula El Tari Kupang pada Jumat 16 Februari 2024.

Ketiga Penjabat Bupati yang dilantik diantaranya 1) Penjabat Bupati Rote Ndao yakni Odermaks Sombu, SH., MA (sebelumnya menjabat sebagai Kepala Biro Hukum Setda Provinsi NTT), 2) Penjabat Bupati Timor Tengah Selatan yakni Drs. Seperius Edison Sipa, M.Si (sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Daerah Timor Tengah Selatan) dan 3) Penjabat Bupati Manggarai Timur yakni Ir. Boni Hasudungan Siregar (sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Daerah Manggarai Timur).

Penjabat Gubernur NTT Ayodhia G. L. Kalake, SH, MDC dalam sambutannya mengungkapkan agar Penjabat Bupati yang telah dilantik tetap menjaga sinergitas dan kolaborasi dengan baik.

"Saya berharap ketiga Penjabat Bupati selalu membangun koordinasi dan komunikasi yang harmonis dengan Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, DPRD kabupaten, unsur Forkopimda, tokoh agama, tokoh masyarakat dan semua pemangku kepentingan atau stakeholders terkait lainnya. Roda pemerintahan dan pembangunan akan berjalan efektif bila ada saling keterbukaan komunikasi untuk membangun kolaborasi dan sinergitas," kata Pj. Gubernur.

"Jabatan sebagai Penjabat Bupati hendaknya dimaknai sebagai sebuah amanah dan kepercayaan dari Tuhan Yang Maha Kuasa melalui Bapak Presiden RI dan Menteri Dalam Negeri. Saat ini KPU telah menetapkan jadwal Pemilihan Kepala Daerah Serentak akan dilaksanakan pada 27 November 2024. Artinya waktu kepemimpinan saudara-saudara tidaklah lama. Berikanlah pengabdian dan pelayanan yang tulus dengan berlandaskan pada komitmen dan integritas yang teguh," ungkapnya.

"Sebagai orang yang sudah lama berkecimpung dalam tata kelola pemerintahan dan pembangunan dalam berbagai jabatan yang diemban selama ini, saya berharap ketiga Penjabat Bupati mampu melihat peluang, tantangan dan memberikan solusi untuk pembangunan di kabupaten masing-masing," harap Ayodhia.

Ayodhia  juga menitikberatkan pesannya kepada Penjabat Bupati yang baru dilantik terkait dengan arahan Presiden Jokowi saat Pertemuan dengan para Penjabat Gubernur dan Penjabat Bupati/Walikota se-Indonesia pada 30 Oktober lalu diantaranya pengendalian inflasi, penanganan stunting, penurunan kemiskinan ekstrem, peningkatan investasi, pilkada serentak 2024.

"Saya juga mengharapkan agar para Penjabat Bupati dapat menjalin kekompakan dengan semua perangkat daerah. Agendakan kunjungan rutin ke desa-desa agar dapat mengetahui situasi riil masyarakat dan mengambil langkah-langkah strategis yang dibutuhkan," kata beliau.

Untuk diketahui, usai pelantikan penjabat Bupati, juga dilaksanakan Pelantikan Penjabat Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Rote Ndao, Timor Tengah Selatan dan Manggarai Timur oleh Penjabat Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi NTT yakni Ny. Sofiana Milawati Kalake.

Penjabat Ketua Tim Penggerak PKK yang dilantik diantaranya 1) Ny. Yuliana Henukh (Penjabat Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Rote Ndao), 2) Ny. Getreda Yosmi Oematan (Penjabat Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Timor Tengah Selatan) dan 3) Ny. Susanti Aruan (Penjabat Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Manggarai Timur) 

Demikian siaran pers ini dibuat untuk dipublikasikan.

Penulis : Meldo Nailopo

Foto : Yozhy Hoely

Video : Riky Nengga & Om Ady Hau

Anda Suka Berita Ini ?