Berita - Daerah

Hari Kedua Kunjungan Kerja Penjabat Gubernur NTT di TTS

Setelah mengunjungi sejumlah lokasi di TTS pada hari pertama, kunjungan kerja Penjabat Gubernur NTT beserta rombongan pada hari kedua, Kamis, 29 Februari 2024, dilanjutkan dengan peninjauan pasar murah bersubsidi di halaman Kantor Lurah Nunumeu. Sambutan adat Natoni mengawali rangkaian kegiatan, dilanjutkan dengan penjelasan teknis dari petugas, penyerahan bantuan paket sembako dan voucher bersubsidi yang dapat ditukar dengan paket beras, minyak goreng, tepung terigu dan kebutuhan pokok lainnya. Kegiatan pasar murah ini diadakan untuk masyarakat sekitar dengan maksud memberikan bantuan sekaligus meningkatkan daya beli masyarakat. Kegiatan di titik pertama berjalan dengan baik dan lancar. 


Kunjungan hari kedua dilanjutkan ke lokasi Kantor Desa Oebobo Kecamatan Batu Putih. Mengawali kegiatan, Camat Desa Batu Putih memaparkan kondisi kecamatan dan juga memohon bantuan pemerintah provinsi untuk infrastruktur tiga desa yang berada di area trans-nasional dan provinsi. Acara dilanjutkan dengan penyerahan bantuan sosial dalam rangka penanganan kemiskinan ekstrem oleh Penjabat Gubernur. Selain menerima 10 kg beras, 1 kg gula pasir, 1 liter minyak goreng, 1 rak telur ayam, masyarakat Kecamatan Batu Putih juga menerima bantuan 100 kg ikan beku, 5 paket sayuran holtikultura dan 1000 dosis cairan disinfektan. Ayodhia juga sempat menyapa masyarakat dan berdialog secara personal dengan beberapa masyarakat penerima bantuan sosial ini.

 

Dari Kecamatan Batu Putih, rombongan menuju ke Kantor Dea Polo Kecamatan Amanuban Selatan. Di lokasi tujuan, Penjabat Gubernur dan rombongan telah dinanti oleh masyarakat dan diterima oleh Camat dan jajarannya. Dalam kata sambutannya, Camat Amanuban Selatan menyampaikan perkembangan pelaksanaan Pemilu yang berlangsung secara damai, juga mengenai keadaan masyarakat di wilayah nya. Selanjutnya, penyerahan bantuan sosial dalam rangka penanganan kemiskinan ekstrim yang terdiri dari 100 paket kemiskinan ekstrem (dengan rincian masing-masing paket: 10 kg beras, 1 kg gula pasir, 1 liter minyak goreng, dan 1 rak telur ayam), 100 kg ikan beku, 5 paket sayuran holtikultura (bayam, kangkung, terung, kacang panjang, cabai rawit, pecai, dan ketimun), 5 kambing etawa, serta 12 paket bantuan benih ikan. Setelah beramah tamah dengan masyarakat, rombongan melanjutkan kunjungan kerja hari kedua ke Desa Toineke, Kecamatan Kualin.


Di Desa Toineke, Penjabat Gubernur meresmikan dan menyerahkan bantuan hibah Alat Penyulingan Air Laut Menjadi Air Tawar yang pendanaannya berasal dari Dana Spesific Grant sebesar Rp1,1 miliar. Alat penyulingan dengan metode SWARO atau Sea Water Reverse Osmosis ini diberikan kepada masyarakat agar masyarakat dapat menikmati air tawar bersih, bukan lagi air payau. Dalam kesempatan ini, Penjabat Gubernur langsung melakukan uji coba meminum air hasil uji coba ini. Turut serta dalam uji coba minum air hasil penyulingan, Penjabat Bupati TTS,  Intje Sayuna, Asisten III Setda Prov. NTT, dan Kadis PUPR Prov. NTT. Intje Sayuna menyampaikan terima kasih atas bantuan Pemerintah Provinsi NTT kepada masyarakat Desa Toineke. Bantuan tersebut memungkinkan masyarakat menikmati air bersih, untuk keperluan konsumsi dan kebutuhan sehari-hari.


Perjalanan dilanjutkan ke Gereja Immanuel Oehani, dimana rombongan diterima oleh pendeta, para majelis, para tokoh masyarakat dan umat. Acara kemudian dilanjutkan dengan penyerahan bantuan hibah dari Pemerintah Provinsi NTT untuk pembangunan Gereja Immanuel Oehani. Sebelum menuju titik akhir rangkaian kunjungan kerja Penjabat Gubernur di Kabupaten TTS, rombongan berkesempatan melihat keindahan Pantai Oetune sambil menikmati santap siang bersama.

 

Rumah Sakit Pratama (RSP) Kualin menjadi titik terakhir yang dikunjungi Penjabat Gubernur NTT dan rombongan. Kepala Dinas Kesehatan TTS, dr. R.A. Karolia Tahun beserta staf RSP Kualin menerima dan mengantar Penjabat Gubernur NTT serta rombongan untuk melihat ruangan-ruangan yang ada, antara lain Instalasi Gawat darurat (IGD), Ruang Rawat Inap Anak dan Dewasa, ruang NICU (Neonatal Intensive Care Unit) juga ruang operasi. Kehadiran RSP Kualin yang dilengkapi sarana prasarana merupakan perwujudan dari perhatian pemerintah agar masyarakat Kabupaten TTS mendapatkan pelayanan kesehatan yang prima, tidak beda dari masyarakat di daerah lainnya. Pelayanan kesehatan dengan sarana prasarana serta SDM yang mumpuni diharapkan dapat membantu masyarakat dalam mengatasi masalah kesehatan. Selama kunjungan kerja dari kedua ini, rombongan Penjabat Gubernur NTT ditemani oleh rombongan Penjabat Bupati TTS beserta jajaran Pimpinan Perangkat Daerah Kab. TTS, serta Ince Sayuna.


 

Penulis: Sylvia C. Francis 

Editor: Mario F. Lawi

Dokumentasi: Dokumentasi Bidang PIKP dan Biro Administrasi Pimpinan

Anda Suka Berita Ini ?