Blog Single
Berita - Umum

Sekda Provinsi NTT Buka Workshop Penyusunan Metadata dan Standar Data

Sekretaris Daerah Provinsi Nusa Tenggara Timur Kosmas D. Lana membuka Workshop Penyusunan Metadata dan Standar Data Provinsi Nusa Tenggara Timur pada Selasa (19/03). Kegiatan diselenggarakan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur, melalui Bappelitbangda dan Dinas Kominfo, bekerja sama dengan SKALA dan Badan Pusat Statistik Provinsi Nusa Tenggara Timur. Kegiatan berlangsung selama dua hari (19-20/03) di Hotel Harper, Kupang, sebagai upaya untuk mewujudkan penyelenggaraan Satu Data Indonesia.

Membuka sambutannya, Sekda menekankan pentingnya data dan statistik sebagai sumber informasi bagi pemerintah dalam menjalankan roda pemerintahan.

"Metadata dan standar data statistik merupakan dua elemen penting dalam pengelolaan data dan statistik. Kedua hal ini juga menjadi sangat penting karena merupakan bagian dari prinsip Satu Data Indonesia yang berperan penting sebagai dokumentasi yang disediakan oleh setiap produsen data sebagai penanggung jawab data yang nantinya akan digunakan oleh pengguna data," tegasnya.

Kosmas sendiri menyambut positif kegiatan tersebut. Ia mengharapkan keseriusan para peserta dalam mengikuti kegiatan, juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada para narasumber kegiatan selama dua hari tersebut.

Adapun kegiatan diselenggarakan untuk mencapai tiga tujuan. Pertama, untuk menghasilkan metadata dan standar data provinsi NTT sesuai Permendagri Satu Data Pemerintahan Dalam Negeri. Kedua, untuk menyusun metadata statistik variabel, metadata statistik kegiatan, metadata statistik indikator, serta kode SDSN sebagai basis data untuk portal Satu Data Indonesia Provinsi Nusa Tenggara Timur. Ketiga, untuk menghasilkan Laporan Metadata dan Standar Data Provinsi Nusa Tenggara Timur sebagai basis perencanaan dan penganggaran daerah.

Kegiatan menghadirkan para pemateri berkompeten dari berbagai sektor terkait, antara lain perwakilan dari Pusdatin Kemendagri dengan materi tentang Satu Data Pemerintahan Dalam Negeri, Kepala Dinas Kominfo Provinsi NTT dengan materi tentang Penerapan Satu Data oleh Kominfo sebagai Walidata Provinsi NTT, serta BPS NTT dengan materi teknis terkait  metadata statistik variabel, metadata statistik kegiatan, metadata statistik indikator, dan kode SDSN. Dalam kegiatan, para peserta juga dipandu untuk berdiskusi soal konsep, definisi, dan klasifikasi standar data.

Peserta kegiatan berasal dari perwakilan 39 Perangkat Daerah Pemerintah Provinsi NTT.

Penulis: Mario F. Lawi
Foto: Ratna Diaz
Editor: Sylvia C. Francis
Anda Suka Berita Ini ?