Berita - PD

KEMBANGKAN LAYANAN PERPUSTAKAAN, PENGELOLA SMK NEGERI 5 KUPANG MAGANG DI DINAS ARPUS NTT

Saat ini perpustakaan yang telah memenuhi Standar Nasional Perpustakaan (SNP) telah menjadi salah satu penilaian dalam komponen akreditasi sekolah. Untuk memenuhi kriteria tersebut, SMK Negeri 5 Kupang, Senin (18/03/2024) mengirim 7 (tujuh) orang pengelola perpustakaan untuk melakukan magang di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Nusa Tenggara Timur. Magang ini bertujuan untuk dapat memenuhi kriteria yang ada dalam 9 (Sembilan) komponen akreditasi sehingga dapat memenuhi Standar Nasional Perpustakaan (SNP). Selain itu, mereka ingin mempelajari aplikasi SiPAPI (Sistem Penilaian Akreditasi Perpustakaan Indonesia) dan Sistem Layanan Otomasi dan Digital Perpustakaan.

Kepala Bidang Layanan dan Pembinaan Perpustakaan, Dollyres Chandra, S.Sos, mewakili Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi NTT menyambut baik respon dari Kepala Sekolah SMK Negeri 5 Kupang, Dra. Safirah Cornelia Abineno dalam mengembangkan dan meningkatkan pengelolaan perpustakaan.

Sebagian besar orang berpendapat, perpustakaan merupakan gudang buku sehingga kehadirannya selalu terabaikan, namun tidak sedikit juga orang membutuhkan  perpustakaan sebagai pusat informasi/pengetahuan sehingga perlu dikembangkan dan dikelola secara baik sehingga dapat dimanfaatkan, kata Dollyres.

Dollyres menyampaikan, magang merupakan kesempatan yang baik bagi Pengelola Perpustakaan untuk belajar sekaligus praktek lapangan. Lebih lanjut Dollyres berharap magang ini dapat memberikan pengetahuan dan pengalaman baru bagi pengelola perpustakaan dalam mengelola perpustakaan.

Pada kesempatan tersebut, peserta magang diberikan materi tentang Pengenalan Sistem Layanan Otomasi dan Digital Perpustakaan yang disampaikan tenaga IT Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi NTT, Yoyada Edon, S.Kom  serta Pengenalan dan Praktek Aplikasi SiPAPI (Sistem Penilaian Akreditasi Perpustakaan Indonesia) yang disampaikan Pranata Komputer Ahli Pertama,Theodora F. Bria, S.T.

Magang ini diharapkan dapat membantu Pengelola Perpustakaan SMK Negeri 5 Kupang dalam mengembangkan dan meningkatkan kualitas pengelolaan perpustakaannya serta dapat meningkatkan kerjasama antara Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi NTT dengan SMK Negeri 5 Kupang.

Penulis : Tim Media ARPUS NTT

Source Foto : Tim Media ARPUS NTT

Anda Suka Berita Ini ?