KM Egon Berlabuh di Marapakot

kmegon

Kupang,- Kapal jenis ro-ro, KM Egon tiba di Pelabuhan Maropokot, Mbay , Kabupaten Nagekeo, Senin (11/4/2016) sekira pukul 10.00 Wita. Kapal ro-ro (roll on-roll off) adalah kapal yang bias memuat kendaraan yang langsung berjalan masuk mapun berjalan keluar.

Kedatangan KM Egon diterima Bupati Nagekeo, Elias Djo bersama Ketua DPRD Nagekeo, Marselinus F. Adjo Bupu. Kepala Dinas Perhubungan Ngada, Kepala Dinas Perhubungan Manggarai Timur, Kepala Dinas Perhubungan Ende, Kepala PT Pelni (Persero ) Cabang Ende, R. Isdwisanto,S.E, beserta sejumlah pengusaha ekspedisi di Daratan Flores turut menyambut kedatangan KM Egon di Pelabuhan Maropokot itu juga disambut sejumblah pengyusaha ekpedisi didaratan Flores.

Dengan rute Pelabuhan Perak-Surabaya, Pelabuhan Labuan Bajo-Manggarai Barat, Pelabuhan Maropokot-Nagekeo, Pelabuhan Makasar-Sulawesi Selatan dan sebaliknya,

Nahkoda KM Egon, Capt. Tamrin,M.Mar yang ditemui di Pelabuhan Maropokot Senin siang, mengatakan, kehadiran KM Egon membantu membuka isolasi daerah- daerah di NTT termasuk, membuka akses ekonomi dari dan ke Nagekeo.

Tamrin menjelaskan, KM Egon akan melayani didua rute di NTT yaitu rute A yang meliputi Surabaya-Labuan bajo-Maropokot-Makasar dan Rute B yaitu Surabaya-Lembar-Waingapu-Ende dan sebaliknya.

“Untuk sementara, ini rute tetap. Tapi kita berharap, selain jalankan tugas dari Negara, kita tetap ada misi ekonomi. Paki bupati katakan disini ada potensi ekonomi. Namun yang paling penting, lalu lintas peralatan untuk pembangunan seperti hari ini kita bongkar alat berat,” kata Thamrin.

Thamrin mengatakan, tidak semua pelabuhan bisa bongkar alat berat seperti yang dilakukan di Pelabuhan Maropokot ini. Artinya, pelabuhan ini cukup layak.

Namun dia juga menegaskan, kehadiran KM Egon di Maropokot tidak tergantung ada penumpang atau tidak. Karena kehadiran kapal tersebut juga menjalankan tugas dari Negara atau PSO (public service obligation).

Ia mengatakan, kehadiran KM Egon membnatu membuka isolasi daerah dan membuka akses ekonomi dari dan ke Nagakeo.

“Sekali muat bias 4 alat berat. Jadi bisa membantu pemerintah daerah. Jadi tidak pusing jikalau mau mendatangkan alat berat, karena sudah ada KM Egon,” demikian Thamrin.

Soal harga, Thamrin memberikan garansi paling murah. Dari Maropokot-Makassar Pergi Pulang, hanya Rp. 160.000/penumpang. Sedangkan  Maropokot-Surabaya hanya sekitar Rp. 330.000.

Sumber : Pos Kupang, Selasa 12 April 2016

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *