Bergolongan Darah B, Wagub Nae Soi Donor Plasma untuk Pasien Covid

KUPANG,SELATANINDONESIA.COM – Wakil Gubernur Nusa Tenggara Timur (Wagub NTT) Josef A. Nae Soi mendonorkan plasma darahnya untuk pasien Covid-19 yang sedang berjuang untuk sembuh.
“Saya bergolongan darah B dan ketika dr. Samson Ehe Teron mengatakan bahwa imunitas tubuh saya 230 maka saya layak memberikan plasma darah saya kepada salah seorang ibu orang yang membutuhkan yang kini sedang terpapar Covid-19, sehingga saya donor hari ini,” sebut Wagub Nae Soi kepada SelatanIndonesia.com di Bank Darah RSUD Prof. Dr. W. Z. Yohannes Kupang, Rabu (3/2/2021) pagi. Wagub Nae Soi melayani wawancara ketika sedang melakukan donor plasma darah.
Disebutkan Wagub Nae Soi, hendaknya kita bersukacita dengan orang yang bersukacita, dan menangis dengan orang yang sedang menangis. “Jadi saya sedang membagikan kegembiraan itu kepada orang yang sedang bersedih yang kini sedang menderita Covid-19, karena saya sudah sembuh dan sudah selesai jalani perawatan,” sebutnya.
Politisi senior Partai Golkar ini berpesan kepada masyarakat NTT agar tidak terlalu takut dan jangan gelisah. “Yang pertama, jaga iman kepada Tuhan sesuai agama dan kepercayaan, dan juga jaga imunitas tubuh dengan makan yang bergizi, istirahat yang teratur dan terus bergembira, nyanyi dan selalau gembira. Jangan rasa khawatir jika terpapar. Semua penyakit sama, harus selalu gembira,” ujarnya.
Wagub Nae Soi juga memohon kepada masyarakat NTT untuk tetap patuh pada protokol kesehatan dengan memakai masker, jaga jarak dan jangan dulu ada pesta-pesta. “Nanti kalau Covid sudah tidak ada mau pesata selama seminggu dari pagi sampai pagi silahkan. Sekarang tidak boleh ada pesta, harus ada pengendilan diri. Kepada masyarakat NTT mari kita sama-sama memutus mata rantai penularan Covid-19,” kata Wagub.
Mantan anggota DPR RI dua periode ini menghimbau kepada seluruh Bupati, Walikota dam para Kepala Dinas Kesehatan se NTT agar ketika vaksin tiba di daerah masing-masing maka harus langsung divaksin. “Saya minta para Bupati, Wali Kota dan Kadis Kesehatan agar begitu vaksin tiba dari Kupang, hari itu juga harus selesai. Kan, hanya suntik-suntik saja selesai tidak susah, janga ada lagi yang bertele-tele,” tegasnya.
Dikatakan Wagub Nae Soi, para tenaga medis menjadi prioritas utama sebagai penerima vaksin, lalu tokoh agama, serta para petugas yang bekerja melayani lansung kebutuhan publik. “Jadi vaksin kita sudah dikirim semua ke Kabupaten. Khusus Kota Kupang saya minta secepetanya diselesaikan vaksinasinya, dan kita segera minta lagi di Pusat untuk dikirim lagi agar vaksin bisa segera diberikan kepada masyarakat umum,” ujar Wagub Nae Soi.
Wagub Nae Soi mengajak seluruh elemen masyarakat, seluruh Bupati, Wali Kota serta tenaga kesehatan untuk bekerja keras melawan Covid-19. “Paling penting adalah disiplin masyarakat, jangan anggap reme tehadap Covid-19. Dan, Puji Tuhan, bapak Presiden sudah memberikan kita vaksin. Juga salah cara melawan Covid adalah bagi semua kita yang sudah sembuh saya mohon agar bisa mendonorkan plasmanya sesama kita yang membutuhkan,” pintah Wagub Nae Soi.

Sumber : Biro Humas dan Protokol Setda Prov NTT

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *