UPT Penda NTT Wilayah Kabupaten Kupang Safari Dari Desa ke Desa

POS-KUPANG.COM | KUPANG–Dalam upaya mendekatkan pelayanan kepada warga, UPT Pendapatan Daerah ( Penda) NTT Wilayah Kabupaten Kupang melakukan safari dari Desa Ke Desa di seluruh wilayah Kabupaten Kupang.
Sejak awal Tahun 2021 ini,Jajaran UPT ini langsung tancap gas melakukan terobosan dalam upaya merealisasikan target penerimaan Pajak Daerah yang bersumber dari Pajak Kendaraan Bermotor (PKB).
Kepala UPT. Pendapatan Daerah Provinsi NTT Wilayah Kabupaten Kupang, Friets D. Bua Mone,S.Si menyampaikan ini kepada Wartawan, Senin (15/3). Turut mendampingi Kasubag Tata Usaha Christian H. Mamulak, SH dan Kasie Penetapan Adrianus Saekokoh, SH.
Frits Mone mengungkapkan, salah satu terobosan yang dilakukan adalah melalui pendekatan Pelayanan kepada masyarakat, yakni dengan mendatangi langsung ke rumah, Desa dan Kelurahan di Wilayah Kabupaten Kupang.
Hal ini dilakukan dalam rangka membantu masyarakat mengakses Layanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor terutama di masa pandemi Covid-19, di mana masyarakat tidak siap untuk membayar Pajak di Kantor Samsat Babau.
“Pada masa pandemi ini pelayanan yang kami lakukan tetap menerapkan Protokol Kesehatan untuk mencegah terjadinya penyebaran penularan Covid-19,” tuturnya.
Ditambahkannya bahwa dalam pantauan dan analisis pihaknya terhadap hasil yang diperoleh dari Pelayanan di Kecamatan, Desa dan Kelurahan ,terlihat bahwa animo atau tingkat partisipasi masyarakat dalam melaksanakan kewajibannya membayar Pajak Kendaraan Bermotor cukup signifikasi dalam mendongkrak realisasi target penerimaan.
Namun demikian, ada berbagai kendala yang ditemui di lapangan diantaranya kondisi cuaca yang saat ini memasuki musim hujan. Dimana sebagian masyarakat sementara bekerja mengolah lahan (kebun, sawah), apalagi Pandemic Covid-19 masih ada yang mengakibatkan menurunnya pendapatan masyarakat yang juga turut mempengaruhi tingkat partisipasi masyarakat dalam membayar Pajak.
Walaupun demikian,Jajaran UPT. Pendapatan Daerah Provinis NTT Wilayah Kabupaten Kupang tidak gentar dan patah semangat.
Berbagai upaya terus dilakukan dengan melibatkan Aparat Kecamatan, Desa dan Kelurahan serta sosialisasi melalui pengumuman di rumah-rumah ibadah guna menyampaikan informasi kepada masyarakat bahwa UPT tetap hadir ditengah-tengah mereka dalam memberikan Pelayanan.
“Gerakan dari pintu ke pintu (door to door) terus kami lakukan dalam upaya mengingatkan masyarakat yang menunggak atau yang belum membayar Pajak agar segera menunaikan kewajibannya membayar Pajak,” tandas Mone.
Bahkan disebut Mone, pihaknya sedang merancang sebuah program unggulan berupa sayembara berhadiah bagi wajib pajak yang telah menunaikan kewajibannya membayar pajak.
Program ini didukung sepenuhnya oleh PT. Jasa Raharja Cabang NTT dan PT. Jasa Raharja Putra Cabang Kupang serta beberapa Dealer dan PT. Bank NTT Cabang Oelamasi.
Oleh karena itu, Ia menghimbau kepada masyarakat khususnya pemilik kendaraan bermotor di wilayah Kabupaten Kupang yang belum membayar Pajaknya agar bergegas menunaikan kewajibannya membayar Pajak baik di Samsat Babau maupun pada berbagai pelayanan yang kami lakukan di Kecamatan, Desa, dan Kelurahan se-Kabupaten Kupang.
“Pada kesempatan ini kami ingin menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak Bupati Kupang, Bapak Wakil Bupati Kupang, Bapak Sekretaris Daerah Kabupaten Kupang serta para Camat, Kepala Desa dan Lurah yang terus mendukung kami sehingga pelaksanaan kegiatan Pelayanan dan door to door dapat berjalan dengan aman, lancar dan berhasil,” ungkapnya.
Diharapkan dengan meningkatnya realisasi target penerimaan yang bersumber dari Pajak Kendaraan Bermotor ini akan berdampak pula pada peningkatan dana bagi hasil Pajak kepada Pemerintah Kabupaten Kupang dalam rangka membiayai berbagai program pembangunan untuk kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Kupang.
Sumber : POS-KUPANG.COM

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *