Blog Single
Berita - Umum

Tingkatkan Pembangunan Infrastruktur, Tahun 2021 Pemprov NTT Kerjakan 77 Ruas Jalan

Pemerintah Provinsi  (Pemprov) Nusa Tenggara Timur melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Tahun 2021 mengerjakan 77 ruas jalan yang tersebar pada 22 kabupaten/Kota dengan tujuan meningkatkan pembangunan infrastruktur Jalan terutama membuka akses bagi masyarakat  di daerah  guna memanfaatkannya sesuai kebutuhan yang ada termasuk memacu pertumbuhan ekonomi masyarakat ke arah yang lebih baik.

Demikian disampaikan Kepala Bidang  Bina Marga Provinsi NTT Addi Mboeik, ST saat ditemui awak media di ruang kerjanya, Kamis 20/1/2022.

Kabid Bina Marga Provinsi  NTT Addi Mboeik menguraikan bahwa untuk memperkuat pembangunan infrastruktur di daerah, tahun 2021 pemprov  NTT kerjakan 77 ruas  jalan  dengan total anggaran 898,223,760,000,00.

“Untuk pembangunan jalan kontraknya dilakukan secara multiyears  dimana dibagi  dalam dua tahap, tahun 2021  25 % dan  2022, 75 %  karena Pencairannya baru dilaksanakan  desember 2021 sedangkan  Pinjaman yang sudah ditransfer ke rekening daerah 25% dan  yang sudah dicairkan ke kontraktor berupa uang muka sebesar 15%. Sejauh ini kami terus bekerja sama dengan  tim di lapangan untuk mempercepat progres  agar bisa melakukan pencairan ke tahap berikut” ungkapnya 

Addi Mboeik lanjut menjelaskan bahwa realisasi pekerjaan fisik jalan  yang tersebar pada wilayah flores, sumba dan Timor umumnya  sudah diatas  10 % dan keterlambatan yang dialami sebagian besar karena curah hujan cukup tinggi bahkan ada satu daerah yang sampai saat ini belum bisa masuk dengan kondisi alam yang belum bersahabat.

Addi dalam kesempatan itu menegaskan untuk mempercepat  kegiatan fisik,pelaksana proyek atau pihak ketiga setiap bulan bisa melakukan pencairan namun harus menyampaikan kemajuan progres fisik jalan dan dilengkapi dengan administrasi sesuai ketentuan yang berlaku. Langkah ini juga penting untuk mempercepat perputaran  ekonomi  di tengah masyarakat.

Ia berharap, konsultan pelaksana proyek yang dipercayakan benar-benar mengedepankan kualitas  jalan sesuai standar pembangunan infrastruktur  jalan yang berlaku.

“Kami berharap konsultan pekerjaan fisik menjaga mutu pekerjaan dan jika ada pihak yang menemukan  hal yang kurang silahkan menyampaikan berbasis data dengan prinsip memberikan masukan untuk perbaikan”harapnya.

Ia menambahkan selain pekerjaan jalan,  ada juga  Pembangunan Embung  22 Kegiatan dengan alokasi anggaran 34,540,000,000,00 dan Pembangunan SPAM 17 Kegiatan dan Pengadaan Alat penyulingan  2 Kegiatan dengan anggaran 70,350,000,000.00 sedangkan total anggaran  keseluruhan sebesar 1.003.113.760.000,00. (Mf/SN).

Sumber Berita : sonafntt-news.com.

Anda Suka Berita Ini ?