Berita - Daerah

Atasi Kemiskinan melalui Pengembangan Potensi Daerah

Siaran Pers Biro Administrasi Pimpinan Setda Provinsi NTT.


Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat (VBL) mengatakan Pulau Timor merupakan salah satu Pulau yang terdapat 5 kabupaten didalamnya menjadi penyumbang Kemiskinan di NTT.
“Pulau Timor ini merupakan salah satu pulau penyumbang Kemiskinan, terdapat lima Kabupaten secara data statistik rilis 19 April 2021, masing-masing kontribusi terhadap kemiskinan NTT, persentase kemiskinannya yakni Kabupaten Kupang sebesar 22,77 persen, TTS sebesar 27,49 persen, TTU sebesar 22,28 persen, Belu sebesar 15,37 persen dan Malaka sebesar 16,04 persen. Kabupaten Kupang berkontribusi terbesar kedua setelah Kabupaten TTS,” ungkap Gubernur saat mengunjungi Desa Manubelon Kecamatan Amfoang Barat Daya.
Gubernur Laiskodat menegaskan, Pembangunan di Pulau Timor mesti berbasis Potensi dan kekuatan Sumber Daya yang ada beserta titik lemah yang dihadapi selama ini.
“Pulau Timor ini, Potensinya Pertanian dan Peternakan, lahan kita luas, air ada dan Kita punya Tuhan. Cuman kelemahan kita adalah kurang optimal dalam bertani dan masih bekerja dalam skala kecil.” Tegas Gubernur Viktor
Sementara itu Gubernur VBL juga menjelaskan terkait strategi pembangunan pertanian terintegrasi sebagai rantai pasok untuk menyuplai kebutuhan produksi Pabrik Pakan Ternak yang dibangun tahun ini di pulau Timor.
“Melalui Program TJPS kita wujudkan model pembangunan Pertanian terintegrasi. Pak Bupati Kupang, Camat di wilayah Amfoang dan Kepala Desa, mari kita berkolaborasi. Saya mau kita optimalkan lahan yang ada, dalam musim tanam II. Kita kerjakan, Provinsi siapkan Alsintan Pra Tanam dan Paska Panen, bibit, pupuk dan pendamping, Kabupaten siapkan Lahan dan Petani. Camat dan Kepala Desa terlibat dalam pengawasan. Tentunya bulan mei pembukaan lahan baru, selanjutnya tanam minimal luasan lahan 300 hektar keatas dan bulan Oktober saya datang untuk panen. Berhasil dapat reward dan gagal dapat sanksi dari Gubernur,” tegas beliau
Sementara itu, Ketua DPRD NTT, Emilia Julia Nomleni dalam arahanya memotivasi masyarakat untuk tetap tegar dan bangkit dari keterpurukan atas bencana yang kita alami serta perhatian Pemerintah Kabupaten Kupang terhadap Kelompok Rentan, Perempuan, Anak dan Disabilitas.
“Saya bersama Pak gubernur sudah merencanakannya sejak hari Selasa (27/4).Ternyata hari ini terwujud kita berada di Amfoang. Tentunya wajib kita menyepakati apa yang dilakukan Pemerintah untuk kesejahteraan rakyat dan perhatian untuk Pemkab Kupang agar paska bencana ini, lebih memperhatikan kelompok rentan, Perempuan, Anak dan Disabilitas,” ungkap Ibu Emy.
Bupati Kupang, Korinus Masneno dalam arahanya juga mengapresiasi atas kunjungan kerja Gubernur NTT di Amfoang.
“Atas nama Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Kupang, kami menyampaikan apresiasi kepada Bapak Gubernur dan Ketua DPRD NTT yang memotivasi kami untuk bangkit di tengah badai yang kita alami sekaligus semangat baru untuk mewujudkan kesejahteraan di daerah ini.” Ungkap Bupati Korinus
Demikian siaran pers ini dibuat untuk dipublikasikan..(by Abri K).
Sumber Berita : Biro Administrasi Pimpinan Setda Prov. NTT
Anda Suka Berita Ini ?