Berita - PD

Berkunjung ke Dharmaloka sebagai wujud penghormatan kepada para Pahlawan

Salah satu kegiatan penting yang diagendakan dalam perkunjungan kenegaraan Presiden Republik Democratik De Timor Leste Ke Negara Republik Indonesia pada tanggal 24 Juli 2022 yang lalu, dalam hal ini ke Provinsi Nusa Tenggara Timur adalah perkunjungan ke Taman Makam Pahlawan Nasional “Dharmaloka” yang terletak di Kota Kupang Jalan Timor Raya Nomor 10 Kecamatan Kota Lama Kelurarahan Pasir Panjang.


Terkait perkunjungan ini, Kepala Dinas Sosial Provinsi Nusa Tenggara Timur melalui Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial melakukan persiapan-persiapan setelah dihubungi via telepon oleh Biro Umum Sekretariat Daerah Provinsi Nusa Tenggara Timur dalam hal ini Bapak Silvester Siliosan.

Sebagai Perangkat Daerah yang bertanggungjawab atas pelaksanaan dan keberlangsungan Taman Makam Pahlawan Nasional “Dharmaloka”, Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial beserta beberapa rekan ASN dan Non ASN melakukan kegiatan pembersihan, pemasangan jalur evakuasi dan jalur red carpet, serta pengecekan lighting dan sound system. Selain itu juga, persiapan yang dilakukan adalah berkoordinasi dengan pihak-pihak yang bertanggungjawab atas pengamanan dan keamanan Bapak Presiden Republik Democratik De Timor Leste – Bapak DR. Jose Ramos Horta.



Terdapat 14 (empat belas) pahlawan yang berasal dari Timor Leste dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Nasional “Dharmaloka”, diantaranya: Dominggus Da Costa, Evalino Maria, Pedro Titu Moniz Dos Santos, Dominggus Xiemenes, Jose Catarino G.M.T. De Melo, Joao da Costa, Obilio Gusmao, Caludio Viera, Jose Correia, Edmundo Da Conceicao Silva, Tomas Araujo Lopes C., Pedro Xiemenes, dan Alberto Nunes. Ramos Horta (sapaan Pak Presiden Timor Leste) yang didampingi oleh Gubernur Nusa Tenggara Timur dan Kepala Dinas Sosial Provinsi Nusa Tenggara Timur berziarah ke 14 makam ini dan juga mengenang jasa-jasa para pejuang integrasi.



Dalam kesempatan ini juga, Beliau menuliskan kesan pada selembar kertas yang disediakan khusus oleh Dinas Sosial Provinsi Nusa Tenggara Timur bagi setiap pengujung makam, berbunyi: “I bow to the memory of all in this common religious Place”, yang artinya “saya tunduk mengenang mereka (pahlawan) yang berada di tempat suci ini”.


Setelah itu, Beliau bersama rombongan meneruskan kunjungannya ke beberapa tempat di Kota Kupang dan sekitarnya sesuai agenda yang didampingi oleh Bapak Gubernur Nusa Tenggara Timur.

Apresiasi dan ucapan terima kasih disampaikan oleh Kepala Dinas Sosial Provinsi Nusa Tenggara Timur - Bapak Drs. Djamalludin Ahmad, MM kepada Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial - Bapak Robert Ndoen, S.Sos, serta seluruh ASN yang meskipun dalam waktu yang singkat dapat mempersiapkan Lokasi Taman Makam Pahlawan Nasional sebagai titik kunjung Bapak Presiden Republik Democratik De Timor Leste. Kepala Dinas Sosial juga mengungkapkan bahwa hal ini juga merupakan suatu kebanggan bagi Provinsi Nusa Tenggara Timur, khususnya Dinas Sosial. Harapan kedepan agar Dinas Sosial secara keseluruhan terus memperbaiki diri menjadi lebih baik, karena Nusa Tenggara Timur merupakan Show Window bagi negara-negara perbatasan.

 

Penulis : Shandra Isliko

Anda Suka Berita Ini ?