Blog Single
Kegiatan Gubernur - Umum

Wagub Nae Soi Buka Kompetisi Pacuan Kuda Tradisional di Kabupaten Ngada

Siaran Pers Biro Adm. Pimpinan Setda. Prov. NTT
Rabu, (04/08/2022)

Wakil Gubernur Nusa Tenggara Timur Josef Nae Soi membuka secara resmi Pacuan Kuda Tradisional dalam rangka memeriahkan HUT Republik Indonesia ke-77 sekaligus memperebutkan Piala Bupati Ngada yang bertempat di Lapangan Pacuan Kuda Desa Loa, Kecamatan Soa, Kabupaten Ngada, Rabu (04/08).

Hadir dalam kesempatan  tersebut Bupati Ngada Andreas Paru, Jajaran Forkopimda Kabupaten Ngada, serta para Pimpinan Perangkat Daerah Kabupaten Ngada.

Kuda-kuda terbaik sebanyak total 123 ekor yang diperlombakan dalam Pacuan kuda ini berasal dari Kabupaten Ngada, Kabupaten Nagekeo serta dari Manggarai Raya. Lomba Pacuan kuda ini dibagi ke dalam 8 kelas, yakni kelas A (7 ekor), B (7 ekor), C (12 ekor), D (21 ekor), E (21 ekor), F (22 ekor), P1 (16 ekor), dan P2 (17 ekor). Perlombaan Pacuan kuda ini berlangsung selama satu minggu ke depan.

Wakil Gubernur NTT dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan pacuan kuda tersebut. Menurutnya olahraga pacuan kuda adalah tradisi budaya dari leluhur yang turun temurun yang tentunya selain dapat membina tali persaudaraan antar masyarakat namun juga dapat memberi dampak bagi peningkatan perekonomian masyarakat sekitar.

"Dengan digelarnya pacuan kuda ini, saya berharap selain kita menjaga dan melestarikan tradisi budaya dari leluhur kita, tapi juga akan memacu dan meningkatkan ekonomi di sekitar tempat pelaksanaan bagi masyarakat sekitar,” harap Wagub Nae Soi.

Ia juga menambahkan bahwa pacuan kuda ini harus benar-benar mengutamakan aspek keamanan bagi para Joki sehingga menjadi hiburan rakyat dan dapat dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat dengan penuh kegembiraan.

“Aspek _savety_ tentunya harus yang utama, agar para Joki kita dapat terhindar dari cedera apabila mereka terjatuh, baik itu dari sisi arena dan juga alat pelindung keamanan yang dipakai Joki itu sendiri. Sekali lagi mari kita tetap jaga kearifan lokal di daerah ini tapi juga harus tetap mengedepankan sisi keamanan bagi para Joki kita,” jelas Wagub Josef.

Sementara itu Bupati Ngada Andreas Paru menjelaskan bahwa Juara dari perlombaan Pacuan Kuda yang memperebutkan Piala Bupati tersebut akan mendapat Hadiah berupa Sapi pada masing-masing kelasnya.

“Hadiahnya berupa Sapi untuk juara masing-masing kelas. Ini dukungan Pemda agar masyarakat juga jangan hanya pelihara Kuda, tapi pelihara dan belajar untuk beternak Sapi.” ucap Bupati Andreas.

Demikian Siaran Pers untuk dipublikasikan
Anda Suka Berita Ini ?