Blog Single
Berita - Pariwisata

Penyerahan Buku Kolase Wisata


Rabu, 07 Desember 2022, bertempat di ruang kerja Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Provinsi NTT, Paul J. Andjelicus menyerahkan buku “KOLASE WISATA, Kumpulan Artikel Pembangunan Kepariwisataan Untuk Nusa Tenggara Timur” kepada Kepala Dinas Parekraf Provinsi NTT, DR. Drs. Zet Sony Libing,M.Si. Ini merupakan buku pertama penulis yang diterbitkan secara nasional terdiri dari 18 artikel yang sudah pernah dipublikasi pada   beberapa media cetak dan website Dinas Parekraf NTT sendiri.

 Nusa Tenggara Timur (NTT) dianugerahkan kekayaan alam dan budaya yang melimpah dan dibuktikan dengan keaneragaman potensi daya tarik wisata (DTW) yang bertebaran di 22 kabupaten / kotanya. Tercatat sekitar 1391 DTW  dengan kekuatan pada daya tarik wisata alam dan budaya (Disparekraf NTT, 2021) dan menjadikan Provinsi NTT sebagai provinsi dengan daya tarik wisata terbanyak di Indonesia. Potensi wisata ini jika dikembangkan dengan baik akan dapat membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

 Pembangunan pariwisata dilakukan secara bersama-sama, melibatkan semua pihak dan pelaku pembangunan dalam skema pentaheliks (pemerintah, masyarakat, swasta, akademisi, media). Sumbangan saran, pikiran dan tindakan nyata sangat diperlukan. Melakukan hal yang kecil dan sederhana sekalipun sangat bermanfaat bagi pembangunan pariwisata khususnya  di NTT.

Artikel – artikel pada buku ini banyak berkaitan  dengan aspek arsitektur dan perencanaaan kota yang menjadi latar pendidikan, minat dan tugas pokok fungsi (tupoksi)  penulis sebagai seorang fungsional perencana bidang spasial. Berbagai judul  terkait pembangunan pariwisata diangkat dalam buku ini seperti potensi arsitektur  dan wisata NTT, wisata kota, desa wisata, infrastruktur pariwisata, wisata aman bencana dan penataan kota yang terkait dengan kepariwisataan.

 Penulis bergembira karena Kadis Parekraf Provinsi NTT mengapresiasi  penerbitan buku ini dan sekaligus memberikan sambutan pada Kata Pengantar buku. Bapak Kadis menyampaikan pesan untuk bersama - sama memastikan keberlanjutan daya tarik wisata yang kita miliki dan selanjutnya  membangun pariwisata dan ekonomi kreatif di NTT dengan semangat kolaboratif dan inovatif. 

Puji dan Syukur kepada Tuhan, karena hanya atas rahmat dan perkenanNya  buku ini dapat diterbitkan. Terima kasih juga kepada Kadis beserta jajaran dan semua rekan kerja di lingkungan Dinas Parekraf Provinsi NTT untuk berbagai bentuk dukungan yang diberikan.

Salam Witari,


Penulis             : Paul J. Andjelicus , perencana madya spasial Disparekraf NTT

Dokumentasi     : Pribadi, 2022


Anda Suka Berita Ini ?