Blog Single
Berita - PD

UPTD Pendapatan Manggarai Barat Beri Layanan Keliling

Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pendapatan Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), Nusa Tenggara Timur melakukan trobosan baru melalui pelayanan dokumen kendaraan bermotor di tempat.

Pelayanan langsung kepada masyarakat dengan nama Samsat Keliling itu dilaksanakan di Jalan utama transflores Kelurahan Wae Nakeng, Kecamatan Lembor.

Disaksikan VN, Kamis (30/9), warga antusias dengan pelayanan Samsat Keliling yang digelar di pintu masuk Pasar Inpres Wae Nakeng. Antrian warga untuk mengurus kelengkapan surat-surat kendaraan mereka khususnya pengurusan pajak kendaraan bermotor cukup panjang.

Masyarakat atau wajib pajak di Kecamatan Lembor langsung membayar pajak kendaraan melalui Bank NTT. Tampak petugas Bank NTT unit Lembor berada di lokasi pelayanan.

Kepala UPTD Pendapatan Daerah Wilayah Mabar Abdulgani R. Tokan mengatakan program Samsat Keliling itu merupakan pelayanan dokumen kendaraan bermotor langsung ditempat. DUPTD Pendapatan bersama Satuan Lalu Lintas Polres Mabar melakukan pelayanan langsung di lapangan terkait dokumen kendaraan bermotor. Tujuannya, mendekatkan pelayanan dengan masyarakat.

“Melalui Samsat Keliling kita mau menyadarkan masyarakat agar menjalankan kewajibanyan untuk membayar pajak kendaraan bermotor dan dokumen kendaraan bermotor lainnya,” ujar Tokan.

Dia mengaku selama ini pihaknya melakukan pelayanan dokumen kendaraan bermotor di Kantor induk Samsat di Labuan Bajo,ibu kota Kabupaten Mabar.

Pusat pelayanan di Labuan Bajo tentu menyulitkan masyarakat karena harus menyita waktu dan membuang biaya transportasi yang cukup besar ke Labuan Bajo.

Program Samsat Keliling juga akan dilakukan di sejumlah kecamatan lain di Mabar.

“Semuanya ini dalam rangka meningkatkan pelayanan kita kepada masyarakat. Logikanya, dengan perbaikan kualitas pelayanan yang kita lakukan, maka korelasinya positif dengan kesadaran orang membayar pajak. Setiap tahun ada peningkatan orang membayar pajak,” ujar Tokan.

Samsat Keliling ini mempermudah masyarakat untuk mengurus dokumen kendaraan bermotor bahkan pihaknya langsung mencetak dokumen kendaraan bermotor di lokasi pelayanan.

Kepala Seksi Penetapan Pajak Daerah UPTD Pendapatan Wilayah Manggarai Barat Frederikus Daeng menjelaskan ada beberapa layanan yang diberikan yakni pajak tahunan kendaraan, tunggakan pajak kendaraan, registrasi ulang lendaraan, penerimaan mutasi masuk keluar kendaraan antar provinsi, konsultasi administrasi kendaraan dan konsultasi pelayanan SIM.

“Kegiatan Samsat Keliling ini dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan seperti menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak,”ujar Daeng.

 

Sumber berita : https://victorynews.id/cover/uptd-pendapatan-manggarai-barat-beri-layanan-keliling/
Anda Suka Berita Ini ?