Blog Single
Berita - PD

SKB CASN Pemerintah Provinsi NTT 2021, Ombudsman NTT awasi seleksi

NTTPROV.GO.IDKota Kupang, berlokasi di Unit Penyelenggara Seleksi Calon dan Penilaian Kompetensi ASN – Badan Kepegawaian Negara, Pemerintah Provinsi NTT menyelenggarakan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) selama tiga hari yakni mulai tanggal 1-3 Desember 2021. 

Seleksi ini merupakan lanjutan bagi peserta yang telah dinyatakan lulus pada tahapan seleksi kompetensi dasar (SKD) yakni sebanyak 489 orang. Para peserta seleksi tersebut akan bersaing untuk mengisi lowongan 160 formasi tenaga teknis dan 38 formasi tenaga Kesehatan pada Pemerintah Provinsi NTT Tahun anggaran 2021.

Pelaksanaan hari pertama (1/12/2021) dijadwalkan bagi 200 peserta yang dibagi kedalam empat sesi dimana masing-masing akan diikuti oleh 50 orang. Peserta tes akan melalui beberapa tahapan pengecekan sebelum memasuki ruangan ujian yakni verifikasi hasil swab dan kartu deklarasi sehat, kemudian melakukan face recognition saat registrasi dan pemberian pin ujian. Selanjutnya dilakukan pengecekan kartu peserta dan menitipkan barang bawaan pada loker yang disiapkan, lalu pemeriksaan sebelum memasuki ruang ujian juga merupakan rangkaian pemeriksaan yang wajib dilalui semua peserta.

Pada sesi pertama, jumlah peserta yang hadir sebanyak 48 orang dan 2 orang peserta tidak hadir. Pada dua sesi selanjutnya semua peserta hadir mengikuti ujian. Demikian pula pada sesi terakhir sebanyak 50 peserta masuk kedalam ruang tes Computer Assisted Test (CAT) BKN. Dari pemantauan hasil swap tidak ditemukan adanya peserta yang terkonfirmasi positive Covid-19.

Dalam pelaksanaan seleksi hari ini Ombudsman NTT juga turut hadir. Saat diwawancara mengenai kehadirannya, Kepala keasistenan penerimaan dan verifikasi laporan, Leila Noury, SH menjelaskan “Kehadiran Ombudsman NTT adalah untuk melakukan pengawasan dan berkoordinasi dengan panitia seleksi SKB Provinsi NTT”. Beliau juga sempat menggali informasi tentang pelaksanaan ujian dengan mewawancarai peserta tes.

“Menurut saya panitia telah menyiapkan diri dengan baik untuk penyelenggaraan SKB hari ini. Saya berharap pelaksanan seleksi sampai dengan hari terakhir dapat berjalan dengan lancar” ujarnya saat dimintai tanggapan mengenai pemantauan seleksi. Leila juga menerangkan bahwa para pelamar dapat mengakses posko pengaduan lewat tautan bit.ly/pengaduanCASN2021 atau melalui nomor 08111145337  jika menemukan kecurangan.

Tim media BKD juga mewawancarai peserta tes, Yudith Megumi Rebhung. Saat ditanya kesannya terhadap soal-soal tes mengatakan, “Ada beberapa soal yang membingungkan karena pilihan jawabannya hampir mirip” kata lulusan Universitas Nusa Cendana  yang melamar formasi Dokter tersebut. 

Peserta lainnya,  Stephani Novia Wijaya, menyampaikan “Panitia sudah bekerja dengan baik, tepat waktu dan tidak ada error saat pelaksanaan ujian” ujarnya mengomentari proses pelaksanaan seleksi. Kedua peserta tersebut juga merasa sangat terbantu dengan informasi yang dimuat dalam website dan media sosial BKD sehingga mereka dapat mengikuti timeline kegiatan seleksi sejak SKD hingga SKB saat ini.

Badan Kepegawaian Daerah Provinsi NTT menayangkan secara langsung livestreaming Score SKB CASN 2021 melalui kanal youtube "BKD Provinsi NTT". Hal ini dimaksudkan agar dapat menjaga integritas dan meningkatkan sistem pelayanan informasi publik. Melalui penayangan live ini diharapkan masyarakat turut berpartisipasi mengawasi dan memantau seleksi kompetensi bidang Pemerintah Provinsi NTT.

Mengakhir sesi pada hari ini, Panitia menghimbau peserta seleksi hari kedua dan ketiga, agar mempersiapakan diri dengan baik, membaca kembali persyaratan pada website BKD serta membawa dokumen-dokumen yang telah ditentukan panitia.

Penulis: Facun Baur
Foto: Kalven Oemanu

sumber: bkd.nttprov.go.id

Anda Suka Berita Ini ?