Blog Single
Berita - Pariwisata

SALAM GEOWISATA

   Pada Rabu, 03 Mei 2023, Dinas Parekraf Provinsi NTT menerima kunjungan tim dari Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) Geominerba Kementerian ESDM. Tim terdiri dari  Bapak Romi Sundara dan Bapak Irwan Suhara yang didampingi tenaga ahli geologi dari Dinas ESDM Provinsi NTT. Tim diterima oleh  Kepala Bidang Kelembagaan Parekraf Drs. Thobias A. Messakh,M.Si mewakili Kadis Parekraf NTT.

   Pada kesempatan ini, dibicarakan rencana pelaksanaan kegiatan Sertifikasi Kompetensi untuk Pemandu Wisata  tematik Geowisata  atau selanjutnya disebut Pemandu Geowisata yang akan dilaksanakan di Kupang pada akhir Mei 2023 nanti. Kegiatan ini merupakan agenda PPSDM Geominerba tahun 2023  untuk melatih pemandu geowisata di daerah yang akan mengembangkan geowisata dan geopark (taman bumi). Adapun tujuan kegiatan untuk memberikan bekal pengetahuan kepemanduan geowisata kepada pemandu wisata yang ada di NTT agar dapat memberikan pelayanan berkualitas kepada wisatawan.

   Geowisata merupakan jenis pariwisata minat khusus dengan memanfaatkan potensi sumber daya alam geologi seperti bentuk bentang alam, batuan, struktur geologi, air, fosil dan sejarah kebumian, sehingga diperlukan peningkatan pengkayaan wawasan dan pemahaman proses fenomena fisik alam. Geowisata menawarkan konsep wisata alam berkelanjutan yang menonjolkan pada keindahan, keunikan, kelangkaan dan keajaiban suatu fenomena alam yang terkait erat dengan peristiwa  geologi dengan tujuan mendorong pemahaman akan lingkungan hidup, budaya lokal dan aspek konservasi.

   NTT memiliki daya tarik wisata sebanyak 1.582 dan 720 diantaranya merupakan  daya tarik wisata alam  (Dinas Parekraf NTT, 2022). Daya tarik wisata alam yang ada tentu lahir dari proses geologi dan berpotensi untuk dikembangkan menjadi kawasan geowisata dan geopark.  Kawasan TN Kelimutu dengan Danau Tiga Warna sebagai ikon  saat ini sudah masuk dalam kategori Aspiring Geopark dan dalam proses untuk penetapan menjadi  Geopark Nasional dengan nama Geopark Kelimutu.  Sehingga NTT butuh sumber daya manusia  untuk pengelolaan dalam pengembangan geowisata dan geopark  selanjutnya termasuk kebutuhan pemandu geowisata yang profesional.

Salam Geowisata !!

Paul J.Andjelicus

Dokumentasi : Dinas ESDM Provinsi NTT, 2023

Anda Suka Berita Ini ?