Blog Single
Kegiatan Gubernur - Umum

Pj. Gubernur Andriko Susanto Serahkan Bantuan bagi Petani usai Menanam Tomat dan Panen Bersama Berbagai Komoditas Pertanian di Kelurahan Merdeka

Siaran Pers Biro Administrasi Pimpinan Setda Provinsi NTT

Kabupaten Kupang, 18 Oktober 2024

Penjabat Gubernur NTT, Dr. Andriko Noto Susanto, S.P., M.P. melaksanakan kunjungan kerja di Kelurahan Merdeka, Kecamatan Kupang Timur, Kabupaten Kupang pada Jumat, (18/10/2024).

Pada kunjungan ini Pj. Gubernur Andriko melaksanakan sejumlah kegiatan diantaranya penanaman tomat, panen simbolis sejumlah komoditas pertanian diantaranya Pisang, Labu Cina dan Jagung, kemudian dilanjutkan penyerahan secara simbolis bantuan guna mendukung peningkatan sektor pertanian di Kabupaten Kupang yang diterima oleh Penjabat Bupati Kabupaten Kupang, Alexon Lumba, SH, M.Hum dan Perwakilan Petani dari tiga Kelompok Tani di Kelurahan Merdeka. 



Adapun rincian bantuan yang diberikan berupa Benih Padi Hibrida, Benih Hortikultura DPI, Benih Kacang Hijau DPI, Mandiri Benih Tanaman Pangan, Paket Pestisida, Benih Jagung Hibrida, Benih Jagung Reprioritas dan Aspirasi, 220 Unit Pompa Air, 22 Unit Irigasi Perpompaan dan 21 Unit Irigasi Perpipaan.

“Tadi kita sudah menanam tomat dan panen sejumlah hasil pertanian diantaranya Pisang, Labu Cina dan Jagung, ini luar biasa. Ketika saya mendampingi Presiden Jokowi meresmikan Bendungan Temef, Beliau menyampaikan bahwa yang kita butuhkan untuk menanam adalah air, tanah di NTT mempunyai kualitas yang sudah sangat bagus tetapi untuk mendapatkan air usahanya tidaklah mudah. Pemerintah sudah membangun sejumlah bendungan di NTT, semoga ini dapat mendukung kebutuhan masyarakat khususnya untuk pengairan sawah. Jika di puncak musim kemarau kita masih bisa panen, ini artinya tinggal bagaimana kita bisa mengelola sektor pertanian ini dengan baik agar hasilnya betul-betul kita manfaatkan bagi kesejahteraan masyarakat. Harapannya produksi pangan di daerah ini bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk mengatasi stunting, kemiskinan dan kemiskinan ektrim. Saya yakin jika kita kerjakan bersama, semuanya dapat kita selesaikan,” ungkap Pj. Gubernur Andriko dalam arahannya.




Sebelumnya, Pj. Bupati Kabupaten Kupang, Alex Lumba dalam sekapur sirihnya menyampaikan apresiasi atas kunjungan kerja Pj Gubernur Andriko Susanto. Menurutnya, Pertanian adalah pilar penting pembangunan, terutama bagi masyarakat Kabupaten Kupang yang sebagian masyarakatnya bermata pencarian sebagai Petani.

“Kunjungan ini sangat penting karena memperkuat sinergi Pemerintah Provinsi dan Kabupaten Kupang. Harapan kami, kunjungan ini juga menjadi bentuk dukungan pembangunan khususnya disektor pertanian, karena kita ketahui bersama, anomali cuaca yang saat ini terjadi turut mempengaruhi hasil pertanian di kabupaten ini. Pembangunan pertanian yang berkelanjutan bukan sekedar meningkatkan hasil produksi tetapi juga menjaga keseimbangan ekosistem dan memanfaatkan sumber daya alam secara bijaksana. Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Kupang terus berupaya mendukung para Petani melalui program penyuluhan, penyediaan bibit unggul, akses teknologi pertanian serta berusaha untuk membuka akses pasar kepada petani. Kabupaten Kupang memiliki potensi besar dibidang pertanian sehingga kami optimis daerah ini dapat menjadi salah satu daerah penghasil pangan di NTT asal dikelola dengan baik dan benar,” jelasnya.



Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi NTT, Joas Bily Oemboe Wanda, SP. M.sc yang ditemui secara terpisah menyebutkan, “Rangkaian kegiatan hari ini merupakan rangkaian peringatan Hari Pangan Sedunia pada tanggal 16 Oktober 2024 lalu. Hari Pangan merupakan peringatan kesadaran masyarakat akan ketersediaan, keterjangkauan dan pemanfaatan pangan. Di NTT, Bapak Penjabat Gubernur Andriko Susanto sangat menekankan pentingnya ketersediaan pangan yang cukup bagi masyarakat, sehingga harapannya melalui penyelenggaraan kegiatan ini, pemerintah terus hadir di tengah masyarakat dan Petani semakin termotivasi untuk berkontribusi mendukung ketersediaan pangan yang juga berdampak positif pada peningkatan ekonominya," ujarnya.

Demikian siaran pers ini dibuat untuk dipublikasikan. Video selengkapnya dapat disaksikan melalui youtube channel Biro Administrasi Pimpinan Setda Provinsi NTT.

Penulis : Fara Therik - Cindy Runtukahu
Foto : Edo
Video : Yosy, Ricky Nengga, Riri
Anda Suka Berita Ini ?